Kodok dan Katak
Kalangan Sendiri

Kodok dan Katak

Theresia Karo Karo Official Writer
      6117
Show English Version
Yesaya 61:11b
Seperti kebun menumbuhkan benih yang ditaburkan, demikianlah Tuhan ALLAH akan menumbuhkan kebenaran.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu106[/kitab]; [kitab]yakob3[/kitab]; [kitab]yehez17-18[/kitab]

Salah satu buku anak-anak yang saya sukai adalah Frog and Toad Together (Kodok dan Katak Bersama-sama) karya Arnold Lobel. Kodok mempunyai kebun yang dikagumi oleh Katak, sehingga Katak ingin memilikinya juga. Lalu Kodok berkata kepadanya, “Memang kebun itu indah, tetapi kamu harus bekerja keras.” Ketika Kodok memberikan beberapa benih bunga kepada Katak, Katak pun segera pulang dan menanamnya.

“Ayo benih-benih,” kata Katak, “bertumbuhlah sekarang.” Ia berusaha keras membuat kebunnya berbunga. Ia berteriak kepada benih-benih itu, membacakan cerita-cerita panjang, dan menyanyikan lagu-lagu, tetapi benih-benih itu tidak kunjung tumbuh.

“Apa yang harus kulakukan?” teriak Katak. “Tinggalkanlah benih-benih itu sendirian,” kata Kodok. “Biarkanlah matahari menyinari, dan hujan menyiraminya. Nanti benih-benihmu akan mulai tumbuh.” Hingga pada suatu hari, tanaman-tanaman hijau kecil muncul. “Akhirnya,” teriak Katak, “benih-benihku tidak takut lagi untuk tumbuh! Kamu benar, Kodok. Ini memang pekerjaan yang sangat keras.”

Demikian pula hal yang sama dirasakan oleh manusia. Banyak orang berpikir bahwa sulit sekali bertumbuh dalam kebenaran. Kita harus menyediakan waktu untuk membaca firman Tuhan, berdoa, dan menumbuhkan iman kita dengan berada bersama orang-orang beriman lainnya.

Namun, ketahuilah bahwa kemajuan kita dalam kesucian tetap tergantung kepada Allah. Ketika Dia menyinarkan wajah-Nya kepada kita dan mencurahkan kasih-Nya dalam hidup kita, kita akan bertumbuh. Lalu kebenaran akan mulai tumbuh [kitab]yesay61:11[/kitab]. Jangan putus asa apabila pertumbuhan itu lambat! Sebentar lagi Anda akan memiliki kebun.

Pertumbuhan rohani tergantung dari air firman Tuhan dan matahari kasih-Nya.

Ikuti Kami