Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lusiana

Official Writer
5222



Menginjak bulan Oktober, CBN kembali mengadakan event bulanan Mitra CBN Fellowship dengan tema “Personal Financial Planning”  dengan menghadirkan certified financial planner, Ir. Juhono S. Sudirgo.  Pria yang juga aktif dalam Kingdom Bussiness Community ini memang sering dipercaya untuk membawakan seminar-seminar tentang keuangan dan bisnis. Di gedung AXA Tower Kuningan City (7 Oktober 2014) dan BTC Mall Bandung (3 Oktober 2014) beliau berbicara kepada kurang lebih total 89 orang yang terdiri dari Mitra CBN dan penonton setia program TV CBN serta teman dan kerabat mereka.

Bapak Juhono memberi sub tema Formula OnE: Balancing Financial and non Financial Asset dalam materi yang dibawakan. Di akhir jaman ini kehidupan berjalan layaknya arena balap Formula 1, siapa cepat dia dapat, siapa cepat dia yang menang. Uang dan material menjadi fokus utama banyak orang. Padahal Tuhan mempercayakan harta yang lebih banyak dan lebih berharga dari uang. Apa sajakah itu:

1. Harta Rohani (Spiritual Asset)


Pengkotbah 5:9 berkata “Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya.” Mana yang lebih besar dalam hati kita, cinta Tuhan atau cinta akan uang? Harta rohani diukur dari seberapa besar rasa syukur kita atas apa yang kita miliki.

2. Harta Jiwani (Soul Asset)


Tuhan mempercayakan kepada kita pikiran dan jiwa yang bisa terus diperkaya dengan skill dan kemampuan, asal ada kemauan untuk belajar. Sebagai contoh, banyak orang gagal berinvestasi karena tidak belajar untuk merencanakan investasi dengan baik. Tuhan adalah pribadi yang suka merencanakan, mengapa kita tidak ? Jangan pernah berhenti belajar. Be creative and innovative. “Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah.” (Amsal 19:2)

3.  Harta Tubuh  (Body Asset)


Kita sering mendengar orang mengatakan bahwa kesehatan itu mahal. Ya, karena tubuh dan kesehatan tubuh kita adalah harta yang ada di urutan ketiga. Mari bertanggung jawab dengan tubuh yang dipercayakan kepada kita dengan bijak mengatur apa yang kita konsumsi. Ingatlah bahwa tubuh kita adalah Bait Allah yang kudus! (I Kor 6:19-20)

4. Harta hubungan (Relationship Asset)


Tuhan memberkati kita lewat hubungan. Bapak Juhono mengambil contoh seorang janda yang tidak memiliki apa-apa di rumahnya selain sebotol kecil minyak, namun mendapatkan banyak pinjaman tempayan dan bejana dari tetangga-tetangganya sehingga Tuhan membuat mujizat untuk janda ini melalui nabi Elisa. Reputasi yang baik, pertemanan dan jaringan sosial yang baik adalah harta yang berharga, bahkan lebih berharga dari perak dan emas. (Amsal 22:1)

 5. Harta keluarga (Family Asset)

Banyak orang bekerja keras dengan alasan demi keluarga dan justru menukarnya dengan waktu-waktu berkualitas mereka bersama keluarga. Baca disini pentingnya family quality time bersama psikolog anak dan keluarga, Elizabeth Santosa.


 6. Financial Asset (Harta Uang)

Ini adalah harta yang sementara (Amsal 27:24a), namun justru banyak orang menempatkan harta yang terakhir ini di prioritas nomor satu mereka. Mari belajar mengelola harta dengan memperkaya kelima harta sebelumnya. Atur pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan atau gaji. Belajar pengelolaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang seperti investasi dan asuransi.

Pada akhirnya, semua apa yang kita miliki di dunia bukanlah milik kita, namun milik Tuhan. Tuhan Yesus pernah mengajarkan untuk mengembalikan apa yang menjadi milik Kaisar (pemerintahan) dan apa yang menjadi milik Tuhan. Bayar perpuluhan dan menaburlah dalam ladang pelayanan Tuhan. Mari ikut terlibat dalam pelayanan CBN lewat donasi, dengan menjadi Mitra CBN. Uang dan harta benda tidak akan kita bawa ketika kita meninggal nanti, namun apa yang Anda tabur di pelayanan CBN akan menjadi harta yang kekal di Kerajaan Allah. Tuhan memberkati.

Note: Untuk menjadi Mitra CBN, cukup dengan mengisi form di bawah ini, dan nanti akan kami kirimkan email untuk langkah berikutnya.

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer

Fatma Wati 18 August 2019 - 21:07:41

apa jawapan yang di berikan situs kami

0 Answer

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

1 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3