Kunjungi Indonesia, Ini Tujuan Bos Facebook
Sumber: Kompas.com

Entertainment / 14 October 2014

Kalangan Sendiri

Kunjungi Indonesia, Ini Tujuan Bos Facebook

Lori Official Writer
3954
Kedatangan bos Facebook, Mark Zuckerberg ke tanah air mungkin menjadi kehormatan, namun tentu sangat beralasan. Alasan utamanya tetap saja berkaitan dengan urusan seputar perusahaan Facebook yang sudah hadir di Indonesia.

Tidak berlebihan bila Mark Zuckerberg memberikan perhatian lebih kepada Indonesia karena menjadi salah satu negara dengan peningkatan pengguna Facebook yang cukup besar, tercatat sekitar 69 juta lebih pengguna dengan peningkatan sekitar 6 persen sejak akhir tahun lalu.

Selain itu, tujuan lain yang tak kalah pentingnya adalah adanya pertemuan bersama dengan para pengembang dan operator di Indonesia untuk menawarkan proyek internet gratis atau internet.org. Proyek ini rencananya akan berguna untuk menyediakan akses internet bagi masyarakat di wilayah terpencil untuk layanan internet dasar secara gratis seperti Facebook, Google Search dan Wikipedia.

Bersama dengan lima perusahaan di bawah payung Internet.org, Facebook rencananya akan menyediakan koneksi internet di dua pertiga bagian dunia yang belum terhubung dengan teknologi ini, termasuk sebagian besar wilayah Indonesia. Kenyataannya, penduduk Indonesia yang mampu menikmati akses internet hanya sekitar 82 juta penduduk dari 253,60 juta jiwa di seluruh provinsi di Indonesia.

Sebelum menggelar pertemuan itu di Jakarta, Senin (13/10), Mark Zuckerberg sudah terlebih dahulu menikmati keindahan candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah pada Minggu, 12 Oktober 2014 pekan lalu. Hal itu dibuktikan dengan postingan foto diakun Facebook Mark saat tengah menikmati matahari pagi di wisata bersejarah itu.

“Saya baru saja tiba di Indonesia dan mengunjungi Borobudur untuk menyaksikan matahari terbit. Besok saya akan bertemu dengan pengembang, partner dan pejabat pemerintahan di Jakarta untuk internet.org,” tulis Mark dalam postingannya itu.

Setelah berkunjung ke candi bersejarah itu, bos Facebook ini lalu bertolak ke ibu kota dan  memenuhi jadwal pertemuan dengan Presiden terpilih Joko Widodo di Jakarta pada Senin, 13 Oktober 2014 kemarin. Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Mark diagendakan membahas akses internet di Indonesia.

Sumber : Bbc.co.uk/Merdeka.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami