Lelah Berdebat? Berikut 4 Cara 'Cairkan' Suasana

Lelah Berdebat? Berikut 4 Cara 'Cairkan' Suasana

Theresia Karo Karo Official Writer
3703
Memang tidak dipungkiri bahwa masalah akan datang sebagai awal pertengkaran dalam hubungan anda dan pasangan. Atau mungkin dalam pembicaraan anda terlibat perdebatan yang cukup sengit. Selama beberapa saat atmosfir di antara anda berdua akan terasa canggung dan hening. Bila anda menghadapi situasi semacam ini, berikut adalah enam cara untuk menghindari rasa canggung setelah bertengkar:

Berpikir Positif
Akan lebih baik bila anda tidak berpikir terlalu dalam, tetapi berpikirlah positif. Bahkan saat topik pembicaraan tersebut mengganggu pikiran anda dan membuat anda marah atau perdebatan itu belum selesai sepenuhnya, biarkan saja itu pergi dari pikiran anda. Daripada terus berdebat, ingatlah hal yang jauh lebih penting yakni memerdulikan kesehatan hububungan anda dan pasangan.

Cairkan Suasana dengan Kontak Fisik
Rasa canggung seringkali berujung pada keheningan dan menyebabkan jarak antara anda dan pasangan. Bila sudah begini, cobalah untuk melakukan kontak fisik, seperti tepukan punggung, menggenggam tangan pasangan atau memeluknya. Aksi akan lebih berpengaruh dibandingkan kata-kata.

Ganti Topik Pembicaraan
Ambil napas dalam-dalam dan pilih topik pembicaraan lain yang lebih positif atau sekedar berbasa-basi, setidaknya untuk mengalihkan pembicaraan. Mungkin terdengar tidak tulus, tetapi cara ini cukup ampuh untuk memecah keheningan setelah bertengkar dengan pasangan.

Ungkapkan Perasaan Anda
Berkata apa adanya, agar pasangan tahu bahwa anda tidak terganggu dengan perdebatan yang terjadi. Sebab, yang terpenting adalah anda telah memberitahunya tentang perasaan sehabis berdebat dengan pasangan. Selain untuk memecah keheningan, cara ini cukup efektif untuk mendamaikan pertengkaran itu sendiri.
Sumber : Jawaban/Merdeka.com by tk

Ikuti Kami