5 Jurus Jitu Bisnis Berkembang Pesat
Sumber: Google

Entrepreneurship / 11 October 2014

Kalangan Sendiri

5 Jurus Jitu Bisnis Berkembang Pesat

Lois Official Writer
2359
Bisnis yang sudah Anda jalankan harusnya terus berkembang hingga akhirnya jadi raksasa dan tentunya mendatangkan keuntungan buat Anda. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis itu, salah satunya diajarkan oleh Prijono Nugroho, Mentor ActionCoach yang menyebutkan bahwa ada 5 nadi untuk membuat bisnis Anda terus berkembang dan maju, yaitu :

Menambah Jumlah Prospek
Prijono menjelaskan yang dimaksud dengan menambah jumlah prospek dapat dilakukan dengan mulai membuka jam operasional yang lebih panjang, dan juga melakukan kerjasama strategis dengan bidang usaha lain yang terkait. Jagalah terus jaringan yang sudah ada selama ini, namun juga perluas jaringan Anda karena dengan jaringan ini Anda bisa memperluas hubungan Anda. Salah satu cara menambah jaringan yaitu mengikuti seminar yang bisa mempertemukan Anda dengan pasar.
Cara lain untuk meningkatkan jumlah prospek yaitu dengan melakukan program marketing melalui telepon, surat, email, tulis ulang iklan, stiker, brosur, majalah dinding, jejaring sosial, atau apa saja yang bisa dipakai sesuai dengan segmen pasar. "Buatlah juga kartu nama dan pasanglah juga iklan di internet agar semakin banyak prospek yang terjaring," ujar Prijono.

Tingkat Konversi
Langkah selanjutnya yaitu menjadikan prospek di atas sebagai pelanggan Anda. Namun Anda harus menyiapkan hal-hal ini agar semuanya berjalan lancar :
* Tentukan target penjualan
* Buatkan naskah penjualan atau surat penawaran
* Buatlah daftar keunikan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan
* Buatlah garansi tertulis
* Buatlah kartu keanggotaan
Lakukan pengenalan produk / jasa kepada para pelanggan Anda. Fokuslah pada nilai dan bukan pada harga, termasuk proses produksi dan cara kerja Anda. Jangan hanya berteori, tapi berikan contoh. Setelah konsumen membeli, mintalah testimoni dari pelanggan Anda untuk kebutuhan marketing dan promosi.

Tingkatkan Jumlah Prospek
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, misi selanjutnya yaitu meningkatkan jumlah transaksi dengan cara :
* Buat pelanggan merasa spesial dengan memberikan lebih daripada yang dijanjikan atau hadiah pada kunjungan berikutnya. Pelayanan Anda juga menentukan kepuasan pelanggan.
* Ciptakan sistem untuk mengingatkan pelanggan, tentang masa promosi dan lainnya yang berhubungan dengan produk Anda.
* Buat database pelanggan yang rapi dan lengkap.

Menaikkan Rata-Rata Penjualan
Jumlah transaksi semakin meningkat, ada hal lain lagi yang perlu dilakukan yaitu menaikkan rata-rata penjualan Anda. Di sini, tidak perlu ragu menaikkan harga jual jika memang diperlukan. Anda sebagai pemilik juga mulai mendelegasikan tugas penjualan kepada orang yang Anda percaya. Pemilik usaha lebih banyak mengatur sistem pembelian dan mempercantik penampilan usaha Anda. Cara praktis meningkatkan rata-rata penjualan yaitu :
* Berikan bonus untuk jumlah pembelian tertentu.
* Permudah pembayaran, dengan sistem debit atau kartu kredit misalnya. Ini artinya bisnis Anda harus sudah membangun afiliasi dengan pihak bank.
* Jual sistem grosir atau program beli 3 gratis satu.

Margin yang Lebih Tinggi
Dengan margin yang lebih tinggi, tentu keuntungan yang didapat lebih tinggi pula. Cara untuk mendapatkan margin yang tinggi yaitu :
* Fokus dan jual lebih banyak sejumlah produk yang marginnya tinggi.
* Mulailah fokus pada segmen pasar kelas atas dengan daya beli lebih tinggi.
* Hanya menerima pembayaran tunai.
Selain itu, untuk mendapatkan margin yang lebih besar juga bisa dilakukan dengan membatasi pengeluaran. Buatlah budget pengeluaran dan kurangi biaya lembur.

Jangan lupa terus melakukan eksplorasi tentang strategi dan cara untuk terus meningkatkan bisnis Anda dan update terus berita terbaru yang berhubungan dengan usaha Anda. Tingkatkan kualitas pelayanan dan produk Anda maka dipastikan usaha Anda juga terus berkembang.
Sumber : ciputraentrepreneurship.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami