5 Manfaat Penting Senyuman Bagi Psikologi
Sumber: libcom.org

Psikologi / 8 October 2014

Kalangan Sendiri

5 Manfaat Penting Senyuman Bagi Psikologi

Lori Official Writer
8860
Kebahagiaan seseorang bisa diprediksi dari sebaris senyuman yang menghias wajahnya. Apalagi bila senyum tersebut tulus dari hati, maka akan memancarkan bahagia dan kecantikan alami seseorang. Karena itulah senyuman disebut sebagai ekspresi yang menggambarkan emosi.

Sebuah riset di University of Kansas menemukan bahwa senyuman menunjukkan kemampuan seseorang sdalam mengatasi stress yang dihadapinya. “Peribahasa lama mengatakan, ‘tahanlah rasa sakit tanpa mengeluh’, telah menunjukkan bahwa tersenyum tidak hanya penting untuk indikator kebahagiaan nonverbal, tetapi juga menjanjikan obat bagi semua jenis masalah yang membuat stress,” kata Tara Kraft, pemimpin penelitian, seperti dilansir dari Daily Mail.

Tersenyum mungkin kedengarannya sangat sederhana, namun tahukah Anda bahwa sangat sedikit yang mau menebar senyum kepada orang lain dalam kehidupan sehari-harinya. Selain baik bagi penyembuhan stres, senyuman juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan pikiran ini.

# Meningkatkan kebahagiaan

Tersenyum memicu peningkatan hormon dopamin, endorfin dan serotonin yang menimbulkan kebahagiaan. Ketika kita tersenyum, bagian otak yang mengatur emosi bahagia akan aktif. Efeknya, tubuh bereaksi dan mengeluarkan respon positif. Senyum sdisebut setara dengan memakan 2000 batang cokelat dan setara dengan mendapat uang dalam jumlah yang sangat besar.

# Lebih awet muda

Penelitian menemukan bahwa para pemain Baseball yang terlihat senyum penuh kehangatan dan penuh sumringah, usianya jauh lebih panjang 7 tahun daripada pemain yang jarang tersenyum. Alasannya, senyuman mampu menggerakkan otot-otot wajah hingga terlatih. Dan kebiasaan itu otomatis mampu melenturkan kulit wajah sehingga terlihat lebih awet muda.

# Lebih berpikiran positif

 Senyuman mampu menumbuhkan pikiran positif. Alasannya, saat tubuh mengirim sinyal dari ‘pikiran positif’, maka tubuh akan meneria pesan sebagai harapan hidup yang baik.

# Membuat lebih menarik

Sebuah studi di Skotlandia pada tahun 2011 di Face Research Laboratory menemukan bahwa pria dan wanita lebih tertarik pada gambar dengan mimik wajah tersenyum. Faktanya, kebanyakan orang mengaku lebih senang melihat orang yang mudah senyum daripada seseorang yang terlihat jutek dan ketus. Benarlah bahwa senyuman seseorang mengandung makna keindahan tersendiri di mata orang lain.

# Menunjukkan karakter

Seseorang yang mudah tersenyum identik dengan sosok yang ramah, terbuka dan percaya diri. Mereka yang menebar senyum saat berpapasan dengan orang lain akan dianggap sebagai pribadi yang ramah dan menghargai orang lain. Sehingga banyak orang yang senang bergaul dengan pribadi demikian.

<!--[endif]--><!--[if gte mso 10]--><!--[endif]-->--> Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami