Manfaat Investasi Bukan Sekedar Kaya
Sumber: Liputan6.com

Investment / 7 October 2014

Kalangan Sendiri

Manfaat Investasi Bukan Sekedar Kaya

Theresia Karo Karo Official Writer
6451
Setelah berusaha sebulan untuk mendapatkan gaji, tentu anda tidak ingin menghabiskan pendapatan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Perencanaan keuangan yang baik dapat memberikan ‘celah’ bagi anda untuk dapat memulai investasi.

Investasi adalah salah satu cara untuk menambah penghasilan dan memungkinkan anda untuk memiliki kelonggaran keuangan. Bagi yang memiliki penghasilan terbatas, bukan alasan untuk tidak membuat rencana investasi. Selain berpotensi meningkatkan kekayaan, investasi juga dapat menjamin kesejahteraan keluarga anda di masa depan. Hal ini dikarenakan:

Melatih Hidup Hemat
Terdapat pepatah yang menyebutkan, “Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.” Hal yang sama pun berlaku dalam investasi. Misalnya anda menggunakan asuransi jiwa sebagai investasi, maka anda harus rela membayar premi. Mungkin saat ini akan terkesan membebani, tetapi ini adalah salah satu pengorbanan kita sehingga kita mendapat hidup yang lebih baik di masa depan.
Dengan investasi pula, kita dapat menekan sikap hidup konsumtif dan menghindari penggunaan kartu kredit. Banyak yang menyangka bahwa kartu kredit sama dengan tambahan uang, tetapi sebenarnya itu adalah tagihan yang tertunda atau hutang.

Kestabilan Inflasi dan Perlindungan Kekayaan
Data menunjukkan bahwa inflasi di Indonesia dalam lima tahun terakhir bergerak mencapai 29,52%. Oleh sebab itu apabila anda tidak menempatkan uang anda pada investasi, maka nilai uang yang anda simpan akan tergerus dan semakin menurun setiap tahunnya. Sebagai contoh, pada tahun 2009 anda masih bisa membeli gorengan dengan harga Rp 500, tetapi di 2014 anda membeli gorengan seharga Rp 1000. Hal ini menunjukkan jumlah uang tetap, tetapi daya beli melemah.

Meningkatkan Nilai Aset
Dengan acuan data yang sama, saat anda melakukan investasi maka uang anda akan berkembang hingga 33,82 %; apabila anda memilih investasi dengan deposito. Bila anda menggunakan investasi emas maka nilainya akan bergerak naik hingga 45,88%. Sedangkan bila anda memilih investasi obligasi akan bergerak naik hingga 79,62%. Kenaikan paling tinggi terjadi pada investasi dengan saham, yakni mencapai 180,94%.

Jaminan Keuangan Masa Depan
Dibandingkan dengan menabung, anda akan lebih cepat menjangkau nilai uang dengan investasi. Sehingga anda dapat lebih cepat mencapai target keuangan yang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan atau barang idaman seperti rumah, mobil dan lain sebagainya.

Perencanaan Keuangan Dini
Investasi dapat menjadi peluang untuk pensiun dini dengan nyaman. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kesejahteraan keluarga. Terutama bila anda menanamkan investasi dengan saham yang nilainya akan naik mencapai 180,95% atau 180,95 kali nilai investasi anda. Karakter investasi saham cenderung memberikan hasil maksimal, apabila dilakukan dalam jangka waktu panjang. Tetapi penting diingat bahwa mendekati masa pensiun, sebaiknya porsi investasi saham harus semakin menurun. Dan digantikan dengan investasi obligasi, deposito, emas dan properti.
Sumber : Brighterlife/Readersdigest.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami