Pemuda Gereja Amankan Idul Adha
Sumber: antaranews.com

Internasional / 6 October 2014

Kalangan Sendiri

Pemuda Gereja Amankan Idul Adha

Theresia Karo Karo Official Writer
4441
Perayaan Idul Adha yang diperingati pada 5 Oktober 2014 kemarin, tidak hanya diikuti oleh umat Muslim. Hari raya yang identik dengan sumbangan hewan kurban ini juga turut diikuti oleh warga non Muslim.

Berita yang dilansir dari Antaranews.com, Ketua Takmirul Masjid An Nur Nikson Dijailank di Desa Ilohungayo (5/10) mengungkapkan bahwa, “Ada seekor sapi dari warga non Muslim yang tinggal di Kota Gorontalo, setiap tahun dia biasa menyumbangkan seekor sapi untuk warga di sini.” Meski warga tidak mengenal secara langsung sosok penyumbang hewan kurban tersebut, namun sumbangan ini telah dilakukan sejak lima tahun belakangan.

Potret kerukunan antar agama juga terlihat di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pasalnya sejumlah pemuda gereja mengamankan perayaan Idul Adha untuk menjaga kelancaran pembagian daging kurban di beberapa masjid di Kota Kupang.

“Pemuda gereja sejak kemarin turut mengamankan perayaan Idul Adha,” ujar Ketua Gerakan Pemuda Ansor NTT, Abdul Muis. Salah satunya adalah Pemuda Gereja Horeb, mereka turut mengamankan perayaan Idul Adha sejak malam takbiran hingga pembagian hewan kurban keesokan harinya.
 
Muis menyampaikan bahwa warga beragama Kristen juga mendapat daging kurban terutama bagi warga yang tidak mampu dan janda. Hal ini menjadi salah satu bentuk kerukunan antaragama yang sudah terjalin sejak lama. “Marilah kita jaga kerukunan antaragama yang sudah terjalin,” ujarnya.

Kurban empat ekor sapi dibagikan di Masjid Baiturahman kepada seluruh warga Kota Kupang, termasuk warga yang beragama Kristen. Pembagian dilakukan dengan menggunakan kupon untuk menghindari kericuhan saat pembagian daging kurban.
 
Muis menuturkan pembagian hewan kurban bagi umat Kristen ini merupakan salah satu bentuk kerukunan antaragama yang sudah terjalin selama ini di daerah tersebut. “Marilah kita jaga kerukunan antaragama yang sudah terjalin,” pesannya.
Sumber : Antaranews/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami