Perkenalkan, Plt Dirut Pertamina Pengganti Karen Agustiawan
Sumber: antaranews.com

Nasional / 1 October 2014

Kalangan Sendiri

Perkenalkan, Plt Dirut Pertamina Pengganti Karen Agustiawan

Theresia Karo Karo Official Writer
3869
Karen Agustiawan resmi mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama Pertamina per-1 Oktober 2014. Kemarin (30/9) para karyawan Pertamina melangsungkan acara perpisahan. Saat akan meninggalkan kantor, Karen disambut dengan kehadiran putra ke-3 di lobi kantor pusat dengan memegang karangan bunga. Suasana haru kemudian  memenuhi lobi. Tidak berhenti di sini, para karyawan juga memberikan salam terakhir dan beberapa diantaranya mengabadikan moment tersebut dengan foto bersama.

Diketahui, Karen Agustiawan mulai menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) sejak 5 Maret 2008. Banyak prestasi yang telah ditorehkan, diantaranya adalah termasuk dalam jajaran wanita berpengaruh di Asia tahun 2012 oleh Forbes di peringkat ke 53. Masih oleh Forbes, ia termasuk dalam daftar wanita berpengaruh peringkat ke 55 di Asia pada tahun 2014. Pada tahun 2013 Karen berhasil membawa Pertamina masuk dalam jajaran perusahaan Fortune Global 500, menempati peringkat 122, di tahun 2013. Tahun berikutnya, Pertamina bertahan di daftar yang sama meskipun harus turun satu peringkat, menempati urutan 123.
 
Dengan mundurnya Karen Agustiawan, Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero) menetapkan Direktur Hulu Pertamina Muhammad Husen sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama. Ali Mundakir selaku Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, “Dewan Komisaris menetapkan Muhammad Husen sebagai Plt Dirut Pertamina sampai ditetapkannya dirut definitive melalui mekanisme Rapat Umum Saham (RUPS),” ungkapnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta (1/10).

Penunjukan ini berdasarkan kinerja Husen di divisi Hulu yang telah berhasil menyumbang 60 persen keuntungan di Pertamina. Ali Mundakir juga meyampaikan, penunjukan ini telah ditembuskan ke menteri BUMN Dahlan Iskan sebagai kuasa pemegang saham Perseroan.

Sebelumnya, Muhammad Husen menjabat sebagai Direktur Hulu tertanggal sejak 30 Mei 2011. Lulusan Sarjana Geologi Institut Teknologi Bandung ini mengawali karirnya di dunia perminyakan pada 1984 sebagai Geologist di Divisi Eksplorasi Lemigas.

Selanjutnya, dia menjabat sebagai Kepala Remote Sensing dan GIS Studies Group dan Kepala Unit Layanan Teknis Ekslorasi Lemigas. Pada tahun 2001- 2005 Muhammad Husen juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Eksplorasi Lemigas dan Asisten Deputi Bidang Perminyakan pada Deputi Bidang Energi Sumber Daya Mineral dan Kehutanan di Kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. Pada tahun 2009 dia juga menjabat sebagai Komisaris PT Pertamina EP.
Sumber : Antaranews/Detik.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami