Donorkan Darah Tumbuhkan Kebahagiaan Diri

Donorkan Darah Tumbuhkan Kebahagiaan Diri

Lori Official Writer
3397
Kegiatan mendonorkan darah telah terbukti memberi efek positif  bagi para pendonor. Manfaatnya pun sangat beragam, mulai dari membuat tubuh bugar, mencegah kanker dan serangan jantung. Selain itu, donor darah ternyata terbukti bermanfaat bagi kecantikan yakni ampuh membakar kalori.  

Fakta lain yang tak kalah menakjubkan bahwa donor darah terbukti mampu menumbuhkan kebahagiaan diri. Pasalnya seseorang yang mendonorkan darahnya akan mengalami kondisi psikologi yang lebih baik. Hal ini disampaikan oleh psikolog dari Universitas Tarumanegara Roslina Verauli bahwa seseorang yang mendonorkan darahnya akan merasakan kebahagiaan serta pikiran yang lebih stabil, senang dan hidup tenang. Perasaan ini timbul karena merasa berguna bagi orang lain.

“Pada saat berbagi darah, kita sedang turut berperan membuat perbedaan besar dalam kehidupan. Ketika keberadaan kita berguna dan mampu memberikan secercah harapan bagi orang lain, hal itu memberikan perasaan bahagia dan sejahtera secara emosional. Perasaan ‘berguna bagi sesama’ ini merupakan elemen penting dalam menemukan makna dan tujuan hidup,” ujar Roslina.

Senada dengan itu, sebuah studi yang dilakukan di University of Virginia menemukan bahwa hanya menyaksikan tindakan kebaikan, kesetiaan dan kepahlawanan saja dapat menciptakan hasil yang signifikan bagi suasana hati dan meningkatkan keinginan untuk melakukan perbuatan baik.

Sedang menurut penelitian lainnya, orang berusia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah terbukti mampu memperpanjang usia dengan kondisi tubuh yang lebih bugar, sehat dan bahagia. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah mendonorkan darah secara rutin? Selain bermanfaat bagi kesehatan, mendonorkan darah juga menjadi bukti kepedulian sosial bagi orang lain yang membutuhkan.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami