Multi Drug Therapy untuk Sembuhkan Kusta

Multi Drug Therapy untuk Sembuhkan Kusta

Yenny Kartika Official Writer
8075

Pada tahun 1940-an, dapson dianggap cukup ampuh mengobat penyakit kusta. Namun nyatanya penggunaan dapson hanya membuat bakteri menjadi kebal. Padahal seharusnya ia mampu melawan Mycobacterium leprae, bakteri si penyebab kusta.

Mencari yang lebih manjur, klofazimin dan rifampisin pun ditemukan, masing-masing pada 1960-an dan 1970-an.

Rupanya Panitia Ahli World Health Organization (WHO) punya ide yang lebih cemerlang. Tahun 1981, mereka menganjurkan Multi Drug Therapy (MDT) dan penggabungan dapson, klofazimin, dan rifampisin sekaligus untuk mengobati kusta. Guna mencegah kekebalan/resistensi bakteri seperti yang sebelumnya terjadi, masing-masing obat tidak boleh digunakan secara tunggal.

Pengobatan ini masih dibagi lagi menjadi dua. Pasalnya, kusta ada bermacam-macam.

Pertama, kusta lepromatosa yang ditandai dengan adanya lesi, nodul, plak kulit simetris, menipisnya dermis kulit, dan perkembangan pada mukosa hidung yang menyebabkan penyumbatan hidung dan hidung berdarah. Kusta lepromatosa juga seringkali disebut sebagai Hansen multibasiler. Nama Hansen diambil dari si penemu bakteri Mycobacterium leprae, Gerhard Henrik Armauer Hansen. Pengobatan MDT untuk kusta lepromatosa dilakukan selama 24 bulan dan melibatkan kombinasi rifampisin, klofazimin, dan dapson.

Kedua, kusta tuberkuloid (paucibacillary). Kusta jenis ini ditandai dengan satu atau lebih hipopigmentasi makula kulit dan bagian yang tidak berasa (anestetik). Pengobatan MDT untuk kusta jenis ini memakan waktu 6 bulan dan melibatkan rifampisin dan dapson saja. Kombinasi MDT ini dirumuskan oleh Shantaram Yawalkar dan rekan-rekannya.

Pengobatan kusta sebaiknya jangan ditunda-tunda, karena keterlambatan medis dapat menyebabkan kecacatan. Pengobatan yang tidak tuntas pun bisa menimbulkan kecacatan. Obat kusta bisa diperoleh gratis di puskesmas terdekat.


BACA JUGA:

Cara Tepat Mendeteksi dan Mencegah Penyakit Kusta

Kebutuhan Nutrisi Bagi Penderita Kusta/Lepra

Peringatan Hari Kusta, Bukti Tingginya Penderita Kusta di Dunia

Taylor Swift Dinobatkan Jadi Artis Paling Dermawan Tahun 2013

Kisah Nyata Keluarga yang Hancur karena Hutang Kartu Kredit

Nama Kristus Mengganggu?

Semua Karena Anugerah-Nya

Katy Perry: Aku Bukan Orang Kristen

Natal Bersama Suku Sunda Berikan Banyak Berkah

Duh, Banyak Pasangan Berpisah Saat Natal!

Perjalanan Hidup Yesus dalam Goresan Pena

Konselor CBN Siap Sedia Selama 24 Jam Setiap Hari

Sumber : Wikipedia/Kompas/yk

Ikuti Kami