Ajari Anak Matematika yang Asyik
Sumber: female.kompas.com

Parenting / 23 September 2014

Kalangan Sendiri

Ajari Anak Matematika yang Asyik

Lois Official Writer
3695
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Bagi kebanyakan orang, matematika adalah pelajaran yang sering bikin mumet dan tidak dimengerti. Sebagai orangtua, Anda harus pintar menyiasatinya, agar anak Anda cinta pada matematika. Selain bahasa, matematika juga bisa menunjang karir ke depannya. Karena itu, matematika penting untuk diajarkan. Inilah cara menyenangkan yang bisa diajarkan agar anak senang matematika, yaitu :

Biasakan dengan Angka

Mungkin Anda sebagai orangtua kurang menguasai matematika, itu tidak apa-apa asalkan jangan ditunjukkan di depan anak. Tetapi ajari mereka untuk mengenali angka-angka, mulailah hitung-hitungan yang metodenya sederhana seperti penambahan ataupun pengurangan.

Gunakan Jari Tangan dan Kaki

Ajak si kecil berhitung dengan bermain tangan dan kaki. Ajari berhitung satu sampai sepuluh. Setelah anak mulai mengerti, beralih ke benda-benda lain seperti buah, kacang, ataupun mainannya sendiri.

Bermain-Main Angka

Contohnya, buat lingkaran di atas kertas dengan warna-warna yang berbeda sesuai dengan usia si kecil. Kemudian tulis angka satu sampai angka yang menunjukkan usianya di dalam lingkaran warna-warni tersebut. Minta anak menjawab soal matematika dengan memilih warna yang berisi jawabannya.

Campurkan dalam Kegiatan Sehari-hari

Ini merupakan cara menyenangkan untuk membantu anak-anak belajar matematika. Misalnya saja Anda sedang berbelanja di toko grosir dan membeli beberapa susu. Coba minta anak untuk menghitung jumlahnya jika digabungkan atau dikurangi. Anda juga bisa mengajarinya berhitung dengan bermain lego.

Coba terapkan keempat cara ini agar anak bisa belajar dengan mudah. Visualisasi dapat mempermudah mereka lebih mengerti. Buatlah sekreatif mungkin. Hal ini akan membuat mereka menyenangi matematika.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami