Tidak Boleh Tidur di Samping HP?
Sumber: theinquirer.net

Solusi Sehat / 19 September 2014

Kalangan Sendiri

Tidak Boleh Tidur di Samping HP?

Lois Official Writer
5338
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Smartphone menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama bagi mereka yang begitu up to date di dunia maya. Ada banyak orang yang karena tidak bisa berpisah dengan smartphonenya, malah membawanya sampai ke tempat tidur. Padahal, gadget yang ditaruh di samping kepala sangat tidak baik untuk kesehatan.

Seperti Siang Hari

Gadget dengan layar LED seperti yang dipakai smartphone kebanyakan saat ini, mengeluarkan cahaya biru yang dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hal ini mengganggu tidur serta mengganggu irama jadwal tidur biologis alam bawah sadar (sirkardian) Anda, karena cahaya tersebut mirip dengan cahaya siang hari sehingga tubuh berpikir bahwa itu adalah siang hari.

Bersifat Karsinogenik

Ponsel juga bersifat karsinogenik, yaitu penyebab kanker karena mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang sama dengan sinar X dan gelombang mikro yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor.

Hal ini sangat berbahaya untuk anak-anak yang masih rentan yang memiliki kulit dan tengkorak lebih tipis dibandingkan orang dewasa sehingga resikonya lebih besar. Meskipun radiasinya kecil, namun jika setiap hari Anda membiasakan diri tidur bersama smartphone, radiasi bisa bertambah besar.

Apa Solusinya?

Lebih baik jauhkan smartphone saat hendak tidur, minimal 3 meter dari tempat tidur Anda dan matikan saja jika tidak sedang dibutuhkan.

Cobalah untuk ‘melepaskan diri’ dari smartphone Anda. Seharian Anda sudah berada di dekatnya, dan biarlah tubuh Anda benar-benar beristirahat sehingga dapat bangun dengan segar.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami