9 Cara Invest yang Aman dan Untung

9 Cara Invest yang Aman dan Untung

Lois Official Writer
1928
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Saat ini makin banyak orang yang menyukai investasi saham. Meskipun memerlukan modal yang tidak sedikit dan resiko yang besar, saham menjadi salah satu pilihan favorit untuk berinvestasi. Mengapa demikian? Karena hasil yang ditawarkan menggiurkan, bahkan bisa mengalahkan penghasilan utama.

Untuk berinvestasi saham, akan lebih aman dan menguntungkan jika dilakukan untuk jangka panjang, minimal rentang waktu 6-12 bulan. Selain itu, perlu juga dilakukan beberapa usaha untuk lebih mengamankan nilai investasi tersebut, yaitu :

Sebelum Berinvetasi

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pelajarilah terlebih dahulu cara mengelola keuangan pribadi Anda. Investasi tidak akan terganggu jika Anda sudah bisa menyeimbangkan antara pemasukan dengan pengeluaran.

Kenali Dulu

Sebelum berinvestasi, kenali terlebih dahulu saham perusahaan yang akan dibeli dan bisnis apa yang dijalankan perusahaan tersebut. Kenali juga bagaimana pergerakan keuangan perusahan dan pengetahuan lainnya seputar saham tersebut. Semakin banyak informasi yang didapatkan, semakin banyak pula pertimbangan yang bisa diambil untuk menentukan keputusan dan ketetapan hati.

Harus Logis

Berpikirlah seperti seorang pengusaha. Seorang pengusaha selalu harus rasional, logis, dan realistis. Pertimbangkan selalu untung rugi ataupun resiko yang akan / sedang dihadapi.

Jangan Beli Karena Posisi Lagi Murah

Jangan terburu-buru membeli saham karena sedang murah. Saham suatu perusahaan yang sedang dalam keadaan murah biasanya mengindikasikan bahwa mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut sedang bermasalah

Jangan Hanya Diam

Ketika Anda sudah terjun ke dalam bisnis ini, jangan hanya diam karena bursa tidak menjamin investasi Anda selalu naik. Jadi perhatikanlah nilai investasi Anda setiap waktu.

Jangan Terlambat

Terlambat memulai akan memperlambat lama Anda untuk sukses. Tapi juga tidak boleh tergesa-gesa. Yang terbaik adalah melihat kesempatan yang ada, jika memang memungkinkan, lakukanlah

Jangan Terlalu Berspekulasi

Meskipun Anda berani, jangan menempatkan semua uang Anda pada satu investasi yang nilainya spekulatif.

Jangan Terlalu Sering Bertransaksi

Investor yang sering bertransaksi sering terjebak pada kondisi psikologis pasar sehingga membeli saat harga saham sedang naik dan menjual ketika harganya sedang murah. Ditambah lagi Anda akan terbebani biaya transaksi.

Investasikan Pada Berbagai Macam Investasi

Pada kurun waktu setahun pertama, investasikan saja uang Anda pada berbagai macam investasi, kemudian lanjutkan dengan investasi jangka panjang misalnya 5-10 tahun. Semakin lama berinvestasi, semakin minim resiko kerugiannya.

Modal utama di dalam berinvestasi saham yaitu uang dan kenekatan. Tapi kenekatan di sini harus disertai pengetahuan dan juga pembelajaran mengenai saham tersebut.
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami