Isteri Yang Cakap, Andakah Itu?

Marriage / 17 September 2014

Kalangan Sendiri

Isteri Yang Cakap, Andakah Itu?

Puji Astuti Official Writer
6215
<!--[if gte mso 9]><xml> 800x600 </xml><![endif]-->

 Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. 1 Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.  Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya. (Amsal 31:10-12 TB)

Raja Salomo melemparkan sebuah pertanyaan yang sangat penting "Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya?" Perkataan "isteri yang cakap" diterjemahkan dalam bahasa ingris sebagai "a virtuous wife"; sedangkan perkataan "virtuous" dalam bahasa Ibrani di terjemahkan sebagai ????? chayil (h2428) yang berarti kuat, berani, gagah perkasa (sikap tentara saat perang). Dengan demikian isteri yang cakap berarti isteri yang tahu akan peran sertanya didalam rumah tangga sebagai isteri dan ibu bagi anak-anaknya. Isteri yang cakap adalah isteri yang proaktif, isteri yang tidak menunggu untuk mengambil inisiatif saat diperlukan, karena ia berfungsi sebagai penolong bagi suaminya. Seorang penolong adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk meringankan beban orang yang ditolongnya dalam bentuk apapun.

Adakalanya seorang isteri berfungsi sebagai penghibur disaat suaminya mengalami tekanan mental, adakalanya ia berfungsi sebagai seorang yang membantu memperbaiki keuangan keluarga, adakalanya ia berfungsi sebagai seorang pendengar yang dengan setia mendengarkan apa yang sedang terjadi dalam kehidupan suami maupun anak-anaknya dan ada kalanya ia berfungsi sebagai seorang penasehat yang mampu melihat apa yang terlewatkan oleh suaminya. Isteri yang cakap lebih berharga dari pada permata. Ia berdiri tegap dan tidak mundur terhadap kegelapan malam. Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan (Amsal 31:25). Isteri yang cakap tidak tergoda oleh apa yang ditawarkan dunia karena isteri yang cakap mengerti bahwa "Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan Tuhan dipuji-puji" - Amsal 31:30.

Isteri yang cakap memiliki hati yang takut akan Tuhan, inilah kelebihannya, sehingga ia lebih berharga dari pada permata. Kelebihan lainnya adalah hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan dan selain itu ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya. Apakah Anda terbilang sebagai isteri yang cakap seperti yang dikatakan Alkitab ini? Jika Anda adalah isteri yang cakap maka Anda adalah orang yang paling berbahagia karena Anda adalah orang kepercayaan suami Anda dan suami Anda yang mendapatkan Anda sebagai isterinya adalah orang yang sangat beruntung, Anda lebih dari pada permata!

Apakah Anda berbuat baik kepada pasangan hidup Anda sepanjang umur pernikahan Anda? Apakah Anda sebagai isteri yang cakap mengawasi segala perbuatan rumah tangga Anda dan apakah Anda seorang yang proaktif dalam mendayung bahtera pernikahan Anda (lihat Amsal 31:27)? Apakah Anda mendapatkan gelar dari anak-anak Anda bahwa Anda adalah isteri yang berbahagia dan apakah suami Anda memuji Anda karena apa yang Anda kontribusikan untuk rumah tangga Anda (lihat Amsal 31:28)? Pada akhirnya penulis kitab Amsal mendeklarasikan bahwa isteri yang cakap itu melebihi banyak wanita yang telah berbuat baik (lihat Amsal 31:29). Isteri yang cakap memberikan yang terbaik bagi keluarganya.

Bagaimanakah menjadi isteri yang cakap itu? Jika anda membaca dengan hati yang terbuka akan apa yang telah penulis sampaikan dalam artikel hari ini, maka Anda pasti dapat menyimpulkan "siapakah isteri yang cakap itu"? Pertama-tama penulis ingin mengajak kita sekalian untuk meninggalkan pola berpikir sempit atau pola berpikir seperti seorang tahanan. Jika seorang tahanan berpikir tentang kemungkinan, mereka berpikir tentang kemungkinan melarikan diri dari penjara, mereka tidak berpikir tentang kemungkinan membangun masa depan yang cemerlang karena keterbatasan sudut pandang mereka. Sudut pandang yang luas didapatkan karena banyak membaca, mendengar dan belajar dari orang-orang saleh yang berhasil dalam kehidupan mereka. Namun diatas semuanya ini belajar dari Firman Tuhan yang memberikan jaminan keberhasilan jika dengan sungguh-sungguh dilaksanakan.

Pengetahuan manusia terbatas kepada apa yang dipelajari, apa yang dibaca, apa yang dilihat, apa yang didengar. Belajar dari Firman Tuhan yang tidak mempunyai batas akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap keberhasilan masa depan karena itu isteri yang cakap dan takut akan Tuhan tertawa tentang hari depannya (Amsal 31:25) karena ia senantiasa berdiam diri dihadapan Tuhan untuk mendengarkan Tuhan sebelum mendengarkan manusia saat ia memulai kesibukan dalam hari yang akan ia masuki.

Penulis yakin, bahwa banyak isteri yang memiliki karakter seperti isteri yang digambarkan dalam kitab Amsal ini, seorang isteri yang matanya tertuju pada Tuhan, seorang isteri yang proaktif, seorang isteri yang mengerti seluk beluk rumah tangganya, seorang isteri yang mencerminkan keperibadian yang anggun, seorang isteri yang menjadi seorang penolong bagi suaminya sehingga suaminya dapat berhasil dalam apa yang dikerjakannya karena dibalik keberhasilan seorang peria terdapat seorang wanita yang takut akan Tuhan. Semoga bermanfaat dan boleh menjadi berkat!

Penulis

Rev.Dr. Harry Lee, MD.,Psy.D.

Gembala Restoration Christian Church di Los Angeles - California

www.rccla.org

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif";} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami