Jalur Aman Bagi Penggila Gadget

Jalur Aman Bagi Penggila Gadget

Puji Astuti Official Writer
1927

Ketergantungan terhadap gadget berdampak pada kebiasaan masyarakat berjalan sembari memainkan smartphone di genggaman. Akibatnya, para pengguna gadget tak lagi menghiraukan jalanan dan sekitarnya.

Menyikapi kebiasaan yang sangat membahayakan ini, China berinisiatif membuka jalan atau jalur trotoar khusus untuk pengguna smartphone. Jalan ini dibangun oleh pemerintah kota Chongqing, China sebagai solusi untuk menghindari maraknya kecelakaan di jalanan.

Jalur ini dihiasi dengan garis dan tanda besar dalam bahasa China dan Inggris yang menandakan jalur khusus pejalan kaki dan para penggila smartphone. Uniknya, jalur khusus pengguna ponsel pintar ini ditandai dengan gambar bertuliskan ‘cellphones’. Selain itu, terdapat pula tulisan pemberitahuan bagi para pejalan yang melewati jalur yang bertuliskan ‘Pengguna ponsel lewati jalur ini, resiko ditanggung sendiri’. Sedang di jalur lainnya dituliskan ‘No cell phones’.

Jalur trotoar khusus pengguna smartphone ini menjadi jalan khusus pertama kali yang dibangun oleh China. Meski kebiasaan ketergantungan terhadap gadget sangat buruk, namun ide China ini diharap dapat menjadi solusi menghindari maraknya kecelakaan lalu lintas.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami