Tahukah Anda, Bersyukur Sehatkan Pikiran

Tahukah Anda, Bersyukur Sehatkan Pikiran

Lori Official Writer
5094

‘Hati yang gembira adalah obat bagi kegalauan hati’, kalimat ini benar telah teruji ampuh mengisi suasana hati menjadi lebih baik. Nah, langkah pertama yang patut dilakukan untuk memperoleh kegembiraan hati adalah dengan bersyukur selalu.

Beragam alasan dapat menjadi bentuk syukur kita kepada Tuhan, salah satunya masih diberi nafas kehidupan. Seperti dilansir dari Vemale.com, bersyukur bisa memberi dampak besar dan positif bagi kesehatan pikiran dan jiwa. Pasalnya, bersyukur dapat mengalirkan hal-hal positif ke dalam pikiran dan jiwa, sehingga kita akan menjalani setiap waktu dengan perasaan ringan dan segar.

Tak hanya itu, berikut beragam manfaat bersyukur bagi kesehatan pikiran dan jiwa Anda:

- menambah energi, kewaspadaan dan rasa antusias

- lebih mudah merasakan kebahagiaan dan rasa puas dalam menjalin relasi dengan orang lain

- mengalirkan pikiran positif dan cara pandang yang benar saat menghadapi konflik

- lebih sehat dan sukses karena cenderung bersikap hidup teratur dan optimis

- meningkatkan rasa percaya diri

Bila Anda rasa bersykur menjadi hal yang sulit dilakukan, maka jangan lupakan hal sederhana yang bisa Anda lakukan ini. Misalnya, tersenyum saat bertemu orang-orang, berbagi pengalaman dengan orang lain atau mengucapkan terima kasih kepada pelayan restoran atau rekan yang telah membantu Anda.

Berikut hal sederhana lainnya yang dapat mengajarkan Anda cara bersyukur menjadi lebih mudah:

1. Tulis jurnal ‘bersyukur’

Saat masih mampu melewati satu hari, seringnya kita tak menyadari bahwa masih ada hari esok yang akan kita lalui dan isi dengan beragam harapan dan rencana. Mensyukuri satu hari yang kita lalui adalah satu cara mudah untuk tetap bahagia dan optimis. Lakukanlah dengan teratur setiap hari, dapat dimulai di awal atau malam hari.

2. Berbuat baik bagi orang lain

Bila Anda adalah orang yang pernah menerima pertolongan dari orang lain, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan hal serupa. Seperti misalnya, memberi pujian pada orang lain, atau membuat orang lain bahagia. Saat Anda masih mampu berbuat baik bagi orang lain, maka otomatis hal itu akan menambah kebahagiaan dalam jiwa Anda dan berdampak pada kesehatan tubuh.

3. Mulai hari dengan benih pikiran positif

Pikiran sangat menentukan suasana hati atau mood. Saat pikiran diisi dengan hal-hal negatif, maka tubuh akan menerima perintah yang tidak baik dan berdampak pada tindakan yang buruk. Cobalah memulai hari Anda dengan mengisi pikiran dengan hal positif ke dalamnya.

Jangan tunda melakukan sesuatu yang baik di hari esok bila Anda dapat melakukannya hari ini. Ingat bahwa setiap hembusan napas adalah anugerah yang patut disyukuri dan diisi dengan kebaikan, suka cita dan kesuksesan.

Sumber : Vemale.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami