Obama Bersumpah Hancurkan ISIS
Sumber: Google

Nasional / 12 September 2014

Kalangan Sendiri

Obama Bersumpah Hancurkan ISIS

Theresia Karo Karo Official Writer
5116
Selasa pagi, tanggal 11 September 2001 adalah masa kelam dari tindak terorisme yang menyerang Amerika Serikat. Insiden ini meruntuhkan menara kembar World Trade Centre (WTC). Peristiwa ini didalangi oleh 19 pembajak dari kelompok militant Al Qaeda menggunakan 4 pesawat jet penumpang.  Serangan teror ini menyasar jantung kota New York.

Empat serangan beruntun yang dimulai sejak pukul 08.46 hingga pukul 10.10 waktu setempat menjadi perhatian dunia. Serangan ini memicu kebakaran di gedung sehingga  menyebabkan ratusan orang terjebak di gedung 80 lantai tersebut. Sekitar 3000 orang  tewas dalam insiden yang sekarang dikenal dengan Peristiwa 9/11.

Setelah 13 tahun berlalu, kemarin para keluarga korban berkumpul dan melakukan upacara di sekitar bangunan yang disebut “Ground Zero”, New York. Peringatan insiden ini juga terlihat di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat. Upacara mengheningkan cipta ini dihadiri oleh Presiden Barack Obama, Michelle Obama dan Wakil Presiden Joe Bilden.

Lewat pidatonya, Obama menyatakan bahwa AS tidak akan takut dengan ancaman serupa. Menurut berita yang dilansir dari USA Today, Obama menyatakan, “Sekarang sudah 13 tahun sejak tragedi itu terjadi. 13 tahun sejak Amerika dirusak, 13 tahun sejak hampir 3.000 orang tewas. Namun, kita terus bergerak karena kita adalah orang Amerika. Kita tidak menyerah pada rasa takut.” Selain itu, Obama juga bersumpah menghancurkan pejuang Negara Islam Irak Suriah (ISIS) yang telah memenggal dua jurnalis James Foley dan Steven Sotloff beberapa waktu yang lalu.

Bertepatan dengan peringatan ini, untuk kali pertama sebuah museum yang didedikasikan bagi para korban “Peristiwa 9/11” dibuka. Selain keluarga korban dan undangan khusus, pada sore harinya masyarakat umum juga diperbolehkan untuk masuk kebangunan bernama National Sept.11 Memorial & Museum ini.

Sumber : Liputan6/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami