Paus Fransiskus: Diskriminasi Sama Dengan Penghinaan
Sumber: REUTERS/Tony Gentile

Internasional / 4 September 2014

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus: Diskriminasi Sama Dengan Penghinaan

Theresia Karo Karo Official Writer
5142

Selain sebagai pemimpin umat Katolik di seluruh dunia, Paus Fransiskus berhasil menjadi inisiator dalam mempromosikan penyelesaian diplomatik krisis di Jalur Gaza dan Palestina. Pertandingan amal ini merupakan bentuk kerja sama antara Pupi Foundation lembaga amal yang didirikan Javier Zanetti mantan pemain Inter Milan dan lembaga pendidikan yang didirikan Paus Fransiskus, Scholas Occurentes.

Pertandingan amal (1/9) yang bertajuk Interreligious Match for Peace turut melibatkan Diego Maradona, Carlos Valderrama, Zidane Zidane, Robert Baggio, Allesandro del Piero dan yang lainnya. Pertandingan yang berlangsung pada malam hari ini mengumpulkan pemain dengan latar belakang agama berbeda. Mulai dari Kristen, Islam, Yahudi, Hindu dan Buddha berkumpul di Olympic Stadium, Roma.

Pada satu kesempatan, Paus mengungkapkan bahwa diskriminasi sama dengan penghinaan. Menurutnya, kehidupan berdampingan dapat ditunjukkan dalam suatu pertandingan olahraga, khususnya sepakbola yang menjadi sarana perdamaian.

“Pertandingan malam ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk mengumpulkan dana dan dukungan, tetapi merefleksikan nilai-nilai universal yang terdapat dalam sepak bola yaitu loyalitas, saling berbagi, penyambutan, mengedepankan dialog, menghormati kepercayaan orang lain dan melihat orang tanpa memandang ras, budaya dan agama,” jelasnya dalam pidato.

Peserta pertandingan ini kemudian dibagi ke dalam dua tim. Tim Pupi yang dipimpin oleh pelatih Argentina Gerardo Martino dan Scholas yang dipimpin oleh pelatih Arsenal Arsene Wenger. Akhirnya, Pupi unggul dengan skor 6-3. Tiga gol dicetak oleh Mauro Icardi dan satu gol dicetak Andriy Shevchenko. Hasil dari pertandingan ini kemudian dikumpulkan dan diserahkan kepada Scholas Ocurrentes, untuk membantu anak-anak miskin di Argentina.


Baca Juga:

"For KING and COUNTRY" Temukan Iman dalam Pertempuran

Bantu Anak Mengatasi Ketakutannya

Vita Lusiana: Tuhan Nyata Di Kehidupan Putriku

5 Faktor Penting Memilih Lokasi Usaha

iCloud Diretas, Emma Watson Geram

Sumber : Kompas/Satuharapan.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami