Yuk, Terapkan Tips Sehat Konsumsi Mie Instan Ini!

Yuk, Terapkan Tips Sehat Konsumsi Mie Instan Ini!

Lori Official Writer
6127

Mie instan adalah salah satu jenis makanan olahan yang telah diawetkan dan dikemas dalam kemasan praktis. Sehingga, mie instan menjadi salah satu makanan alternatif yang banyak sekali diminati masyarakat.

 

Namun tahukah Anda, ternyata mie instan akan sangat berbahaya bagi kesehatan bila disajikan dengan cara yang salah dan dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, makanan yang dilengkapi dengan pengawet ini akan menimbulkan beragam pernyakit seperti sakit lambung, keguguran, kerusakan organ, obesitas, kanker dan gangguan metabolisme.

 

Lalu bagaimana cara mengonsumsi mie instan yang benar dan sehat agar aman bagi kesehatan?

 

Hindari konsumsi mie instan secara berlebihan

 

Hindarkan kebiasaan mengkonsumsi mie instan setiap hari sebab pengawet yang mengandung zat kimia atau zat lilin yang melapisi mie baru akan hilang selama 3 hari dari dalam tubuh. Berilah jangka waktu agar zat lilin yang dikandung terlebih dahulu terbuang dari dalam tubuh.

 

Sajikan dengan meniriskan dan membilas rebusan mie

 

Di bungkusan mie instan sudah tertera cara pembuatannya. Nah, salah satu langkah aman menikmati mie instan sehat adalah dengan meniriskan terlebih dahulu mie yang telah direbus lalu bilas agar kandungan pelapis lilin mie tidak ikut dikonsumsi. Sama halnya dengan membuat mie instan kuah, dimana air rebusan pertama terlebih dahulu dibuang lalu direbus kembali dengan air panas. Hal ini dilakukan agar zat lilin mie terbuang terlebih dahulu.

 

Jangan mencampur bumbu saat memasak mie

 

Masih banyak masyarakat yang mungkin salah menyajikan mie instan. Banyak yang segera memasukkan bumbu mie sesaat setelah mie matang. Padahal, hal itu sangat berbahaya karena bumbu mie yang mengandung zat berbahaya akan semakin aktif ketika dimasak dalam suhu yang tinggi. Jadi, biasakanlah memberi bumbu sesaat setelah mie masak.

 

Konsumsi mie instan dengan campuran sayur atau telur

 

Khususnya bagi penderita diabetes, mie instan menjadi salah satu pantangan yang harus dihindari. Mie instan yang hanya mengandung karbohidrat mampu meningkatkan kadar gula darah. Seperti disampaikan oleh pakar gizi dr Titi Sekarindah, MS, SpGK dari RS Pertamina, dikutip dari Detik.com, mengatakan bahwa mie instan atau basah sama-sama tidak begitu sehat dikonsumsi berlebihan. Sehingga akan lebih baik bila mie dicampurkan sayur atau lauk lainnya.  

 

Anda mungkin pecandu mie instan, namun setelah mengetahui berbahayanya jenis mie yang satu ini saya harap Anda dapat mengendalikan diri dari godaannya. Seperti pesan para pakar kesehatan bahwa makanan sehat sekalipun bila dikonsumsi secara berlebihan akan merugikan kesehatan, begitu pula dengan mie instan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Cara Ampuh Redam Amarah Saat Bertengkar

Lelah dan Bosan di Kantor? Take 5 Minutes Break Ini!

Isi Waktu 10 Menit Pertama Kerja Dengan Aktivitas Ini!

 

Pdt. AA Yewangoe: Tugas Menteri Agama Urus Relasi Lintas Iman

Si Buah Merah Yang Kaya Manfaat

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami