4 Cara Ajarkan Anak Arti Kegagalan
Sumber: ardiandp.blogspot.com

Parenting / 2 September 2014

Kalangan Sendiri

4 Cara Ajarkan Anak Arti Kegagalan

Lois Official Writer
6938

Kegagalan adalah hal umum yang dialami manusia namun dampaknya dirasakan semua orang, termasuk anak-anak. Anak kecil seringkali tidak tahu bagaimana harus bertindak saat mengalami kegagalan, misalnya dia tidak berhasil memperoleh nilai 100 untuk mata pelajaran yang digemarinya. Untuk itu, orangtua perlu mengajarkan arti kegagalan pada mereka agar mereka bangkit dan belajar dari hal tersebut. Berikut ini tipsnya :

Kegagalan = Langkah Awal Kesuksesan

Saat mengalami kegagalan, mungkin anak-anak merasa menjadi satu-satunya orang di dunia yang tak bisa melakukan hal dengan baik. Karena itu, mereka perlu diberitahu bahwa mereka bukanlah satu-satunya orang di dunia ini yang mengalami kegagalan, setiap orang pasti mengalaminya.

Biarkan Mereka Alami Kegagalan Itu

Setiap kali anak-anak gagal, beritahu bahwa mereka pasti berhasil suatu hari. Berikan contoh-contoh yang nyata terjadi di dunia ini. Sebelum berhasil menemukan lampu, Thomas Alva Edison harus mengalami kegagalan 999 kali. Michael Jordan perlu 3.000 kali mencoba sebelum akhirnya jadi salah satu atlet basket ternama.

Dukung Anak

Saat mereka merasa gagal, anak-anak perlu merasa dikuatkan. Untuk itulah, dukungan dari orangtua mereka perlukan. Ajari mereka untuk bisa menghadapi kegagalan tersebut agar anak-anak dapat belajar lagi untuk bisa lebih baik. Jangan melindungi mereka, karena bagaimana mereka bisa belajar mengatasi hal yang berat kalau begitu?

Carilah Sisi Positifnya

Segala sesuatu pasti punya sisi positifnya, tergantung darimana kita memandangnya. Karena itu, carilah apa yang menjadi sisi positif tersebut dan asahlah anak Anda, latihlah mereka, dan biarkan mereka belajar tentang kehidupan.

Anak-anak dikatakan bagaikan panah di tangan pahlawan. Anak-anak merupakan generasi penerus. Untuk menjadi generasi penerus yang kuat dan stabil, mereka perlu belajar tentang kehidupan dari mana saja, terutama dari orangtuanya. Untuk itu ajarkan prinsip-prinsip kebenaran yang sesuai nilai-nilai yang Tuhan ajarkan.

 

Baca juga :

Chord Lagu Milik Hillsong : Calvary

5 Makanan Untuk Kulit Sehat

3 Fase Dalam Pernikahan

4 Pola Hidup yang Datangkan Kekayaan

Sumber : vemale.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami