Si Buah Merah Yang Kaya Manfaat
Sumber: Ultrahdwall.com

Gizi & Nutrisi / 2 September 2014

Kalangan Sendiri

Si Buah Merah Yang Kaya Manfaat

Lori Official Writer
5604

Tomat, si buah merah yang biasanya dijadikan sebagai hiasan makanan atau campuran sambal ini terbukti kaya manfaat. Tak hanya dikenal menyehatkan kulit dengan kandungan Vitamin C-nya, namun tomat juga menyimpan kandungan lycopene atau anti-oksidan penting yang berfungsi untuk memerangi pembentukan sel kanker dan komplikasi penyakit lain dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian, tomat merupakan satu-satunya buah yang mengandung lycopene yang sangat tinggi. Sehingga sangat bermanfaat dapat pencegahan penyakit kanker (prostat, rahim,usus, rectum, perut, mulut, kerongkongan), jantung dan kolesterol tinggi. Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya, dibutuhkan sedikitnya 540 liter produk tomat cair, atau segelas jus tomat setiap hari.

Berdasarkan hasil penelitian yang diadakan di Universitas Bristol, Cambridge dan Oxford terhadap hampir 14.000 pria berusia 50-69 yang mengkonsumsi buah tomat dengan sepuluh porsi secara teratur dalam 1 minggu, terbukti mampu mencegah perkembangan kanker prostat hingga 18 persen.

Meski dianjurkan mengkonsumsi tomat organik segar, namun tomat yang dimasak justru bermanfaat untuk menangkal kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkap bahwa kandungan lycopene dalam tomat yang dimasak bahkan diketahui sama baiknya dengan statin (obat penurun dan pengontrol tingkat kolesterol buruk (LDL), red).

Mudahnya tomat didapatkan menjadi keuntungan bagi Anda agar lebih rajin mengkomsumsi tomat.Dengan itu, jangan pernah melupakan si buah merah ini dari daftar belanja kebutuhan sehari-hari Anda.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Jenis Seafood yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Tangkal Radiasi Dengan Konsumsi Makanan Ini

Apple Buat Kejutan Peluncuran iPhone 6

Kisah Taat Pribadi, Perjuangan Mantan Pemulung Jadi Juara Dunia Binaraga

Meski Bebas, Kasus Florence Sihombing Terus Diproses

Sumber : Okezone.com/Merdeka.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami