Cabai, Biar Pedas Tapi Kaya Manfaat

Cabai, Biar Pedas Tapi Kaya Manfaat

Lori Official Writer
3577

Secara umum, cabai menjadi salah satu bumbu dapur mayor yang tak bisa absen dari setiap menu masakan. Rasa pedasnya yang khas justru memikat lidah sebab dianggap sempurna sebagai pelengkap kelezatan makanan.

 

Bagi para penikmat bumbu pedas ini, Anda perlu mengetahui beragam manfaat yang terkandung didalamnya.

 

1. Pereda sakit flu dan pilek

 

Tak hanya sekedar penambah cita rasa makanan, cabai adalah obat bagi flu dan pilek. Kandungan capcaisinnya dapat mengencerkan lendir. Sehingga, lendir yang tersumbat di dalam rongga hidung mencair.  

 

2. Obat kanker

 

Memakan cabai secara teratur dan tidak berlebihan teruji sangat baik bagi kesehatan serta mengurangi risiko kanker. Hal ini dibuktikan dalam salah satu studi di laboratorium Inggris, ditemukan bahwa kandungan capcaisin cabai dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal.

 

3. Menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah

 

Bila cabai pada umumnya hanya diketahui sebagai bumbu penambah rasa makanan, maka di Eropa para dokter naturaphaty justru memakai bubuk cabai sebagai ramuan obat pembersih pembuluh darah.

 

4. Kaya Vitamin C

 

Selain jeruk dan pepaya, vitamin C juga banyak terkandung di dalam cabai. Lazimnya, para penderita sariawan dapat mengkonsumsi makanan pedas untuk lebih mempercepat proses kesembuhan. Vitamin C dalam cabai berguna pula dalam menjaga kesehatan mulut dan pencernaan.

 

5. Meningkatkan nafsu makan

 

Dibalik rasa pedasnya, makanan yang dicampur dengan bumbu cabai akan jauh lebih mengungah nafsu makan seseorang. Lidah akan terangsang dengan rasa pedas sehingga semakin memacu nafsu makan meningkat. Cabai juga mampu merangsang produksi hormon endorphin (kebahagiaan) sehingga dapat memicu rasa nikmat saat tengah makan.

 

6. Menghangatkan tubuh

 

Adalah menjadi alasan besar bila saat musim hujan tiba, cuaca dingin menggoda Anda untuk menikmati santapan berkuah dan pedas. Alasannya, sebab makanan berkuah seperti sup atau mie rebus hangat yang ditambah dengan campuran cabai dapat menghangatkan tubuh secara cepat.

 

Kendati cabai memiliki beragam manfaat bagi tubuh, namun cabai harus tetap dikonsumsi secara teratur dan sesuai dengan takarannya. Makanan baik sekalipun, jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Si Buah Merah Yang Kaya Manfaat

 

5 Jenis Seafood yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

 

Mewaspadai 4 Penyebab Anoreksia Seksual

6 Kebiasaan Simple Ampuh Usir Migran

 

Yuk, Terapkan Tips Sehat Konsumsi Mie Instan Ini!

Sumber : Doktersehat.com/Femina.co.id/ls

Ikuti Kami