Pendidikan Untuk Anak (Pendidikan Non Formal)
Sumber: www.jawaban.com

Pelayanan Anak / 1 September 2014

Kalangan Sendiri

Pendidikan Untuk Anak (Pendidikan Non Formal)

Hevi Teri Official Writer
1199

 

Banyak orangtua lupa bahwa anak tidak selalu berbakat dalam mata pelajaran di sekolah.  Akibatnya, banyak anak dimarahin bila tidak bisa matematika, bahasa Inggris atau lainnya.  Bila dimotivasi dan dididik secara benar tanpa intimidasi, anak pasti akan bisa menguasai matematika meskipun nilainya tidak sempurna.  Pendidikan formal perlu, namun ingat bahwa anak butuh juga pendidikan non formal untuk perkembangan intuisi mereka.  Orangtua bisa memberikan pendidikan di bidang musik misalnya, dengan cara memberikan les atau mengajarnya langsung secara pribadi.  Belilah alat musik yang sesuai dengan minat anak atau cita-citanya.  Mungkin anak anda senang melukis atau menggambar, mendesain atau olahraga. Motivasi mereka dan berikan pujian agar anak memiliki kepercayaan diri yang baik.

Ada banyak macam pendidikan non formal yang bisa diberikan bagi anak, yang penting perlu diatur agar anak tidak kecapean dan tidak membuat anak menjadi murung akibat banyaknya kegiatan pendidikan yang harus dijalaninya.

Orangtua perlu memberikan perhatian dan meluangkan waktu untuk anak dalam bermain dan belajar. Buatlah suasana yang senang dan bahagia bagi anak dalam keluarga.  Tegurlah anak bila berbuat salah agar mereka mengerti hal yang patut dan benar serta hal yang salah dan tidak baik.  Mendisiplin anak dengan hukuman tertentu dalam batas-batas yang baik perlu sekali-kali dilakukan.  Apabila orangtua menegur dan memarahi anak, kemudian anak menjadi sedih dan menangis, biarkan dulu hal tersebut, dan berikan wejangan serta nasihat agar anak mengerti.  

Beberapa waktu kemudian, peluklah anak dan katakan bahwa anda menyayanginya serta tidak bermaksud jahat tetapi hendak mengajarnya agar ia menjadi baik dan selalu dalam berkat Tuhan.  Setiap hari katakanlah anda menyayangi anak anda, dan biarkan dia tahu bahwa anda benar-benar menyayanginya.

 

“Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.”
(Amsal 29:17)

“Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” (Efesus 6:4)

 

 

by. Billy Tambahani (Suara Injil Ministry)

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami