Pendidikan Untuk Anak (Pendidikan Formal)
Sumber: www.vaikudarzai.lt

Pelayanan Anak / 31 August 2014

Kalangan Sendiri

Pendidikan Untuk Anak (Pendidikan Formal)

Hevi Teri Official Writer
1259

 

Untuk perkembangan intelegensia anak atau daya kognitifnya, anak perlu mengikuti kegiatan pendidikan formal seperti TK, SD hingga perguruan tinggi.  Namun, orangtua perlu mengerti akan minat dan bakat anak supaya anak tidak terlalu dipaksa untuk belajar pelajaran-pelajaran tertentu secara berlebihan.

Tidak perlu bersekolah di sekolah yang mahal, yang penting berkualitas baik.  Kualitas tidak selalu berhubungan dengan banyaknya PR (Pekerjaan Rumah), banyaknya ulangan harian, atau ulangan-ulangan lainnya.  Perhatikan bahwa anak sebenarnya butuh bermain dan umumnya pola yang perlu diterapkan dalam pembelajaran adalah “Belajar sambil Bermain” atau “Belajar melalui permainan”, terlebih khusus bagi anak-anak dalam usia dini atau hingga sekolah dasar.

Jangan mengintimidasi anak dalam belajar sebab hal ini akan menghambat perkembangan otaknya.  Biarkan anak belajar secara rileks dan bantulah mereka untuk mengerti setiap pelajaran.   Upayakan agar mereka memahami apa maksudnya, supaya lebih masuk ke dalam otaknya, karena bila hanya sekedar menghafal tanpa mengerti, cenderung akan cepat lupa dan anak tidak tahu apa maksud dari hal atau pelajaran yang sedang dipelajari.

 

 

by. Billy Tambahani (Suara Injil Ministry)

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami