5 Makanan Untuk Kulit Sehat

5 Makanan Untuk Kulit Sehat

Lois Official Writer
4761

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita yang harus dijaga. Ada banyak penyebab kulit menjadi kering dan hal tersebut merusak penampilan kita. Bisa dikarenakan polusi, gaya hidup tak teratur, ataupun terlalu lama berada di ruangan AC ataupun kering. Untuk itu, ada 5 makanan yang bisa dikonsumsi agar kulit terus terjaga kesehatannya, yaitu :

Makanan Laut

Ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan dari segala sisi. Kandungan omega-3 pada ikan dapat mengurangi kekeringan pada kulit dan menghambat penuaan. Zinc pada ikan membantu mencegah jerawat dan membuang sel kulit mati. Namun, makanan laut secara keseluruhan jika rutin dikonsumsi dapat membuat kulit halus.

Buah yang Memiliki Kandungan Vitamin C

Buah apa saja yang mengandung vitamin C wajib dikonsumsi bagi setiap orang. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, yang membantu kulit tetap kencang. Ketika seseorang menginjak usia 35 tahun, produksi kolagen dalam tubuh menurun, karena itu diperlukan vitamin dari luar agar tidak cepat keriput. Sitrus, mangga, dan jeruk merupakan beberapa buah yang kaya akan vitamin C.

Sayuran Merah dan Hijau

Carilah sayuran dengan warna merah/oranye dan hijau seperti kentang, wortel, dan bayam. Sayuran warna merah yang kaya akan beta-karotin membuat tubuh mendapat masukan vitamin A yang juga berfungsi sebagai anti oksidan. Kandungan ini mencegah kerusakan sel dan penuaan dini. Sayuran hijau mengandung banyak sekali vitamin A yang membantu memproduksi sel kulit baru dan membuang sel kulit mati.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan terutama almond mengandung banyak anti-oksidan karena memmpunyai kandungan vitamin E yang banyak. Vitamin E berfungsi melawan radikal bebas, melindungi kulit dari kerusakan sel akibat sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari, dan juga membantu menjaga kelembaban kulit.

Gandum

Gandum dan biji-bijian banyak mengandung vitamin B dan biotin yang berfungsi membantu sel-sel dalam memproses lemak. Jika tubuh kekurangan biotin, kulit akan menjadi kering dan pecah-pecah.

Itulah lima jenis makanan yang dapat membuat kulit Anda terjaga dan terus sehat. Ingatlah untuk mengkonsumsi secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal dan kurangi hal-hal yang membuat kulit menjadi kering.

 

Ini artikel yang perlu dibaca juga :

Mengatasi Trauma Masa Kecil

4 Sumpah Pernikahan yang Paling Susah Ditepati

4 Minuman Penurun Stres

Guardians of the Galaxy, Penjahat yang Jadi Penjaga Semesta

4 Cara Mudah Pola Hidup yang Datangkan Kekayaan

Sumber : readersdigest.co.id by lois ho/jawaban.com

Ikuti Kami