Ingin Hidup Sehat? Singkirkan Suplemen, Nikmati Udara Segar
Sumber: Indusladies.com

Info Sehat / 29 August 2014

Kalangan Sendiri

Ingin Hidup Sehat? Singkirkan Suplemen, Nikmati Udara Segar

Lori Official Writer
6041

Tubuh memerlukan oksigen bersih dan segar untuk menjalankan fungsi organ dengan baik. Namun kebanyakan dari kita saat ini lebih memilih mengkonsumsi suplemen sebagai sumber energi dan kekebalan tubuh dibanding berolahraga di pagi hari sembari menikmati udara segarnya.

Berada diluar ruangan dan menghirup udara segar nyatanya memiliki banyak manfaat, seperti hasil penelitian ilmiah menjabarkan sejumlah manfaat udara segar bagi tubuh berikut, seperti dilansir dari Health.com.

# Udara segar terbukti mampu menyelamatkan nyawa

Keberadaan hutan yang dipenuhi dengan pepohonan ternyata sangat bermanfaat menyumbang oksigen yang diperlukan tubuh lewat proses fotosintesis yang mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Pohon menjadi sumber udara segar yang dapat menyelamatkan ribuan nyawa dari polusi udara penyebab penyakit kanker dan bayi lahir cacat.

# Udara segar berfungsi tingkatkan sistem imun

Beragam jenis suplemen tubuh banyak dijual di pasaran, sehingga kita memilih untuk beralih pada suplemen untuk meningkatkan energi dan kekebalan tubuh. Padahal, hanya dengan olahraga di pagi hari, jalan-jalan santai di tengah udara bebas mampu ampuh meningkatkan kekebalan tubuh.

Ather Ali, ND, MPH, seorang asisten direktur penelitian Medical Komplementary/Alternatif di Yale-Griffin Prevention Research Center mengatakan bahwa olahraga di luar ruangan dapat meningkatkan sel neutrophils dan monocytes, yang berfungsi sebagai sistem imun dalam tubuh.

#Udara segar turunkan stres dan tingkatkan kebahagiaan

Berjalan di taman yang dipenuhi dengan tanaman hijau akan meningkatkan hormon endorfin dan oksitosin (hormon kebahagiaan, red). Udara yang segar hasil oksidasi tumbuh-tumbuhan dapat menyegarkan paru-paru akibat polusi udara. Pemandangan yang hijau juga mampu memberi perasaan rileks dan jauh dari stres. Coba luangkan waktu luang Anda untuk membaca buku, berjalan atau sekedar duduk diam menenangkan pikiran di tengah taman rindang dan teduh.

# Udara segar sebagai sumber energi

Sudah saatnya abgi Anda menyingkirkan suplemen penambah energi yang hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa cara terbaik mendapatkan energi yang baik bagi tubuh adalah lewat terhubung dengan alam terbuka. Menghirup udara segar dari alam hijau merupakan cara alami yang tak paling ampuh menambah energi bagi tubuh Anda.

Kembali ke alam dan menikmati kesegaran udara yang bebas dari polusi udara akibat kendaraan bermotor adalah cara terbaik untuk memulai hidup sehat. Hidup tak perlu ditopang oleh suplemen yang hanya bersifat sementara dan berdampak buruk bagi tubuh.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Jenis Seafood yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Para Pria, Miliki Hal Ini Jika Ingin Bahagiakan Hati Wanita

Ketum PGI: Pemimpin Baru PGI Harus Paham Sejarah Gereja

4 Manfaat Kopi Bagi Suasana Hati yang Kerap Diabaikan

Penelitian: Orang Narsis Ternyata Rendah Diri

Sumber : Health.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami