Cara Alami Atasi Alergi Akibat Seafood

Solusi Sehat / 27 August 2014

Cara Alami Atasi Alergi Akibat Seafood

Lori Official Writer
11009

Meski mengandung beragam manfaat, namun makanan jenis seafood kerapnya menimbulkan alergi bagi yang mengkonsumsinya. Jenis alerginya beragamnya bahkan beragam, baik gatal-gatal atau ruam kuku di seluruh tubuh, mengi (asma) dan batuk.

 

Jika Anda pernah mengalaminya, tak perlu terlalu khawatir karena terdapat beberapa bahan alami yang dapat menangkal alergi seafood dengan cepat. Berikut penjabarannya.

 

Jeruk nipis/lemon

 

Jenis bahan alami ini dapat menjadi penangkal gatal dan bercak kemerahan yang dipicu oleh makanan seafood. Ketika terserang alergi, segera minum segelas air hangat yang dicampurkan dengan sari lemon / jeruk nipis.

 

Jahe

 

Jahe adalah bahan alami yang mengandung zat antihistamin. Sehingga meminum secangkir teh jahe hangat mampu menyembuhkan gejala gatal dan ruam merah yang disebabkan makanan-makanan laut seperti udang dan tiram.

 

Madu

 

Salah satu khasiat madu adalah meningkatkan antibody atau kekebalan tubuh. Selain itu, madu rupanya dapat juga menyembuhkan alergi gatal pada kulit akibat makanan. Ahli alergi dan imunologi Miguel P. Wolbert dari Allergy & Asthma Care Center di Evansville, Indiana , AS setidaknya mengklaim ampuhnya madu menyembuhkan alergi dari hasil pengalaman para pasiennya.

 

Minumlah segelas air hangat ditambah satu sendok makan madu untuk mengurangi alergi Anda.

 

Jus buah dan sayur

 

Jus buah dan sayur yang kaya dengan kandungan betakaroten, kuersetin, magnesium dan antihistamin menjadikannya sebagai pilihan untuk menyembuhkan alergi asma akibat makanan seafood. Campurkan wortel dengan mentimun atau akar bit dan bayam lalu haluskan, lalu minum segelas jus sayur tersebut.

 

Makanan kaya vitamin E

 

Makanan kaya vitamin E seperti buah zaitun, pistachio, kacang tanah, kacang kering dan sejenisnya merupakan makanan alami yang mampu menyembuhkan gatal akibat udang atau tiram. Kandungan vitamin E yang bersifat anti-alergen mampu meringankan gejala alergi Anda.

 

Bagi Anda yang rentan dengan alergi akibat makanan sseafood, tak perlu tergesa-gesa mengkonsumsi obat penangkal alergi. Coba lima jenis makanan alami di atas terlebih dahulu. Namun bila alergi tampak tidak berkurang, segeralah periksakan diri ke dokter. Ingat tetap jaga kesehatan tubuh dengan baik!

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Jenis Seafood yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Para Pria, Miliki Hal Ini Jika Ingin Bahagiakan Hati Wanita

Ketum PGI: Pemimpin Baru PGI Harus Paham Sejarah Gereja

 

 

4 Manfaat Kopi Bagi Suasana Hati yang Kerap Diabaikan

 

 

Penelitian: Orang Narsis Ternyata Rendah Diri

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami