Benarkah AC Penyebab Nyeri Sendi?
Sumber: LG air conditioner

Info Sehat / 26 August 2014

Kalangan Sendiri

Benarkah AC Penyebab Nyeri Sendi?

Lois Official Writer
4576

Paparan suhu dingin yang terpancar dari ruangan ber-AC, seperti di kantor, rumah, tempat perbelanjaan, ataupun kendaraan, membuat suhu tubuh di bagian tertentu menjadi turun. Hal ini menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya memicu rasa nyeri. Namun, ternyata tidak terjadi pada semua orang.

“Suhu tubuh yang turun di lokasi tertentu memang bisa memicu nyeri pada sebagian orang, tapi sebenarnya tak semua orang,” ujar dr. Lukman Shebubakar, Sp.OT dari RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan. Menurut Lukman, orang yang mengalami nyeri sendi saat terpapar AC biasanya orang yang sudah memiliki riwayat gangguan pada sendi sebelumnya.

Kondisi-kondisi ini biasanya terjadi karena kebiasaan menggunakan tangan dengan cara yang salah seperti mengetik, mengendarai kendaraan, berolahraga, dan lain sebagainya. Karena kebiasaan inilah, maka nyeri sendi pun bisa terjadi pada tubuh orang tersebut.

Untuk mencegah hal ini, Lukman menyarankan agar orang yang melakukan kegiatan berulang, harus melakukannya dengan posisi yang benar. “Contohnya adalah kegiatan mengetik di komputer, perlu diperhatikan posisi duduknya, seperti pandangan mata ke layar, posisi tangan saat mengetik, posisi punggung, kaki, dan sebagainya,” ujarnya.

Selain menyebabkan nyeri sendi pada sebagian orang, AC juga dapat memicu penyakit lainnya seperti flu, batuk, dan kulit kering. Jika sering berada di dalam ruangan ber-AC, mulailah secara berkala mengoleskan tubuh Anda dengan pelembab, dan perbanyaklah minum air putih.

 

Ini artikel yang perlu dibaca juga :

Mengatasi Trauma Masa Kecil

4 Sumpah Pernikahan yang Paling Susah Ditepati

4 Minuman Penurun Stres

Expendebles 3, 10 Orang Kalahkan 1000 Orang

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami