Membuat Semua Anak Anda Merasa Istimewa

Pelayanan Anak / 23 August 2014

Kalangan Sendiri

Membuat Semua Anak Anda Merasa Istimewa

Hevi Teri Official Writer
3372

Perhatian


1. Sebelum kita dapat menilai pemberian yang dianugerahkan kepada setiap anak, kita harus terlebih dahulu memberikan perhatian kepada apa yang mereka miliki. Anak yang memiliki bakat yang luar biasa menarik perhatian kita, tapi jangan menyisihkan anak lainnya. Juga jangan hanya menghargai bakat yang luar biasa dari anak kita dan melupakan beberapa anugrah indah lainnya yang "normal."

2. Duduk dan buatlah suatu daftar. Tulis nama masing-masing anak dan mulailah mencatat apa saja yang Allah berikan kepada mereka, talenta dan kemampuan. Fokuskan pada atribut yang positif, dan buatlah daftar yang sama panjang.

3. Jangan khawatir dengan kualitas dari talenta yang mereka miliki. Sebagai contoh, catatlah bahwa anak anda gemar membaca, tanpa menulis bahwa ia pembaca yang cepat atau lambat.

4. Kenyataannya adalah anak anda istimewa. Mereka semua unik dan Allah telah memberikan kemampuan yang berbeda-beda kepada mereka.


Kebanggaan


1. Salah satu faktor penting agar anak anda merasa istimewa adalah apa yang anda ceritakan kepada orang - orang di luar keluarga mengenai mereka. Jika anda hanya menceritakan keberhasilan David dalam bermain bulu tangkis kepada teman anda dan kemudian ketika bertamu ke rumah anda ia hanya mengenal dan memperhatikan serta memuji David saja maka hal tersebut akan membuat Ryan merasa tersisih dan rendah diri.

2. Memang orang-tua kadang secara alami tanpa disadari merasa bangga akan apa yang telah dicapai oleh anaknya. Tetapi kadang kita tergelincir kedalam kebanggaan yang keliru. Saat kita terlalu bangga terhadap apa yang dicapai seorang anak dan seakan-akan kurang menghargai apa yang telah dicapai anak yang lainnya dengan susah payah meski tidak sesukses saudaranya, kita telah melukai hati mereka.

3. Saat anda mengeluarkan kata-kata pujian di hadapan orang-orang, perhatikanlah apa, mengapa dan siapa yang anda tuju. Apakah selalu tertuju pada satu anak saja? Apakah teman-teman anda tahu bahwa anda mempunyai anak yang lainnya?

4. Anak adalah anugerah istimewa dari Allah. Pikullah tanggung jawab yang diberikan Allah dengan bijaksana. Berikanlah perhatian khusus untuk memaksimalkan potensi mereka. Pandanglah anak-anak anda dari sisi yang berbeda. Mungkin anda akan menemukan bahwa seluruh anak anda memiliki talenta yang luar biasa!

 

by. Kathy Callahan-Howell

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami