Tips Menyeduh Kopi yang Sehat

Tips Menyeduh Kopi yang Sehat

Lori Official Writer
4824

Sebuah riset dari Universitas Scranton menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan pertama dalam program diet orang Amerika. Kandungan antioksidan itu ditemukan secara alami di dalam kopi yang bermanfaat untuk mencegah proses kerusakan oksidatif dalam sel tubuh akibat radikal bebas.

 

Meminum segelas kopi secara teratur setiap harinya sangat bermanfaat mengurangi risiko diabetes tipe 2, alzheimer dan kanker prostat. Untuk mendapatkan manfaat besar ini, Anda harus mendapatkan segelas kopi yang sehat bagi tubuh. Anda hanya perlu memilih panggangan yang tepat, penyimpanan yang baik dan metode penyajiannya dengan memperhatikan beberapa langkah seperti dikutip dari menshealth.com ini.

 

# Pemanggangan

 

Antikosidan dalam kopi akan semakin kuat ketika kopi dipanggang. Saat proses pemanggangan tersebut, asam pada kopi akan berubah menjadi antioksidan yang tampak dari warna cerah biji kopi saat disangrai. “Efek antioksidan dari kopi berhubungan dengan senyawa yang disebut asam klorogenat. Memanggang biji kopi akan mengubah asam ini menajdi antioksidan,” kata Peter Martin, MD, Direktur Vanderbilt Universitas Institute for Coffee.

 

#Penyimpanan

 

Studi dari Food Chemistry menyatakan bahwa biji kopi panggang yang sudah disangrai mengandung antioksidan, sehingga kopi harus dihindarkan dari paparan udara yang dapat merusaknya. Biji kopi panggang perlu disimpan di dalam wadah tertutup rapat, dan dihaluskan sesuai kebutuhan ketika hendak menikmatinya.

 

#Penyeduhan

 

Proses penyeduhan juga sangat berpengaruh untuk menghasilkan segelas kopi sehat. Meskipun secara tradisional penyeduhan kopi kerap dilakukan dengan cara penyaringan, namun cara itu ternyata kurang tepat. Para peneliti dari Italia telah menemukan metode penyeduhan kopi yang lebih bermanfaat untuk memperoleh kopi yang sehat. Sangat disarankan agar menyeduh kopi dengan metode seduhan moka, espresso dan neapolian untuk meningkatkan kadar antioksidan pada kopi.

 

#Penyajian

 

Mencampurkan susu ke dalam kopi ternyata hanya akan mengurangi kadar antioksidan dalam kopi, begitu juga saat menambahkannya dengan gula. Sehingga akan lebih baik bila kopi hanya diseduh dengan kayu manis bubuk secukupnya. “Hitam, tanpa gula. Nutrisi dalam kopi akan rusak ketika ditambah bahan lain ke dalamnya,” ujar Martin.

 

Bagi Anda pecinta kopi, kini saatnya berpikir untuk beralih pada mengkonsumsi kopi hitam di atas dan mengurangi konsumsi kopi instant. Agar bermanfaat secara maksimal bagi kesehatan, konsumsilah kopi sesuai dengan takarannya, pasalnya mengkonsumsi kopi berlebihan hanya akan menimbulkan beragam penyakit. Selamat menikmati hari dengan segelas kopi hitam Anda!

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Tangkal Radiasi Dengan Konsumsi Makanan Ini

4 Manfaat Kopi Bagi Suasana Hati yang Kerap Diabaikan

6 Tips Mengontrol Gangguan Bipolar

Diskusikan Kekurangan, Solusi Langgengnya Pacaran

Menghukum Sang Predator Seksual Bukan Solusi

Sumber : Menshealth.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami