AJARAN / ATURAN

AJARAN / ATURAN

Hevi Teri Official Writer
1142

 

Mendidik anak secara sederhana, hanya ada empat hal utama, yaitu Ajaran, Hukuman, Hadiah dan Keteladanan. Kita akan perinci masing-masing dan kemudian juga belajar beberapa kasus dan tanya jawab yang paling umum muncul selama saya mengadakan seminar mendidik anak di berbagai kota di seluruh Indonesia, Singapura, Malaysia dan USA.

Ajaran / Aturan

 Bagian pertama dalam mendidik adalah membuat peraturan dan menyampaikan ajaran. Harus dibuat peraturan di dalam rumah. Bagi guru sekolah harus membuat peraturan di kelas. Tanpa ada peraturan, anak akan terbiasa hidup liar, hidup tanpa aturan, hidup semaunya sendiri, tidak mau diatur dan menjadi ‘trouble maker’ atau pembuat masalah. Buatlah peraturan-peraturan sederhana di rumah, sesuai usia anak-anak, dan tingkatkan sesuai kebutuhan dan pertumbuhan usia mereka.

Mendidik adalah menyampaikan pengajaran, norma-norma dan nilai-nilai hidup, aturan, hukum, Firman maupun cerita-cerita serta pengalaman yang mengandung didikan dan mengajarkan pengenalan akan TUHAN. Isi utama dari ajaran atau aturan yang disampaikan adalah konsep-konsep kebenaran.

Fungsi dan tujuan ajaran/ aturan adalah untuk membuat apa yang boleh dan tidak boleh menjadi jelas. Ajaran / aturan atau hukum atau tata tertib berfungsi sebagai batasan norma, etika dan sopan-santun. Fungsi aturan adalah semacam undang-undang di dalam masyarakat atau negara. Bangun aturan di rumah / di kelas dan sampaikan kepada anak secara bertahap, sesuai dengan usia anak. Kita bisa membangun peraturan dengan kerangka atau warna sesuai norma kebenaran. Ajaran ini juga akan membuat seorang anak akan memiliki kedewasaan dan perkembangan emosi dan sosial yang baik.

 

Inspirasi mendidik anak (Ir. Jarot Wijanarko)

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami