Theresia Karo Karo

Official Writer
3531


Membuat catatan pengaturan pengeluaran setiap bulan memang mudah, bagian tersulit adalah mematuhi besaran anggaran pengeluaran. Bagi anda yang kesusahan mengatur pengeluaran sesuai dengan anggaran/bujet bulanan, bisa mencoba beberapa trik berikut:

Pengeluaran Sesuai Pemasukan

Hitung berapa jumlah pemasukan anda, per minggu, bulan, atau tahun. Hal ini penting terutama bagi Anda yang bekerja lepas dan tidak menerima gaji bulanan. Dengan mengenali jumlah pemasukan, maka anda pun bisa mengetahui berapa banyak yang mampu anda keluarkan.

Periksa Struk/Bon Belanja

Saat ini banyak toko yang menyediakan struk atau bon belanja. Bahkan kasir juga bertanya apakah kita ingin menerima salinan bon belanja. Bila memang seperti itu jangan sungkan untuk menerima dan memeriksanya. Periksa dengan cermat, untuk menghindari pembayaran yang berlebihan dan memastikan keakuratannya. Bukannya ingin berpikiran negatif, tetapi ada kalanya anda dilayani oleh seorang pegawai yang tidak jujur. Dan menaruh jumlah yang berbeda dari yang seharusnya dibayarkan.

Jangan Langsung Dibuang

Setelah anda menerima struk belanja, jangan langsung membuang bon belanja anda. Simpan struk belanja untuk mengawasi pengeluaran anda sehari-hari. Jangan sampai pendapatan habis hanya karena pengeluaran yang tidak terkontrol.

Catat dan Sesuaikan dengan Anggaran Bulanan

Sesampainya di rumah, cocokan setiap bon belanja dengan anggaran bulanan anda. Hitung pengeluaran per minggu, termasuk uang makan, bensin atau transportasi, biaya telepon dan sebagainya. Dengan meninjau pengeluaran per minggu, anda dapat melihat kebiasaan belanja anda seperti apa.

Tegas Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Diskon atau potongan harga yang seringkali menjatuhkan pertahanan anda untuk membeli satu barang. Tegaskan pada diri anda apa memang anda membutuhkan atau hanya sekedar memuaskan keinginan mata. 

Dana Darurat

Sisihkan dana darurat setiap bulannya, karena anda tidak bisa memprediksi kapan akan membutuhkan dana yang cukup besar. Misalnya untuk biaya rumah sakit, membantu keluarga dan lain sebagainya.

Reward Untuk Diri Sendiri

Ketika anda berhasil menjalankan anggaran bulanan atu berhemat, beri penghargaan bagi diri sendiri. Tidak masalah memanjakan diri sesekali, karena hal ini bisa menjadi motivasi untuk mengatur keuangan. Kepuasan dari hadiah berupa barang yang diimpikan atau liburan bisa memberi semangat baru untuk tetap mengatur keuangan dengan cermat.

Selain berhemat, trik ini juga bisa membantu anda untuk mengetahui ke mana saja uang di belanjakan dan untuk kebutuhan apa uang tersebut dibelanjakan. Dengan mencatat semua pengeluaran rutin setiap harinya, anda akan selalu mengetahui berapa banyak biaya yang sebaiknya harus dikeluarkan setiap hari. Selamat mencoba!

 

Baca Juga:

Undang Tuhan dalam Pernikahan Dengan Cara Ini

Ragam Minyak Esens Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Putusan Sengketa Pilpres, Polri Siapkan 3.500 Personil

Daniel Mananta, "Damn I Love Indonesia" Yang Pasti Berhasil!

Robin Williams "Dihidupkan Kembali" Akhir Tahun Ini

5 Kunci Untuk Membuat Bisnis Berkembang di Facebook

Sumber : Kabar24/Keluarga.com by tk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2