Ragam Minyak Esens Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ragam Minyak Esens Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Theresia Karo Karo Official Writer
6413

Minyak esensial selain untuk aromaterapi ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Minyak esens kebanyakan bersumber dari tanaman yang disarikan. Seperti akar, daun, batang dan bunga. Cara penggunaannya pun beragam, ada yang cukup dihirup aromanya, sebagai campuran dalam air mandi atau langsung diusapkan ke bagian yang sakit. Bagi anda yang penasaran dengan manfaat beberapa minyak esens, berikut ulasannya:

Minyak Bunga Lavender

Ini adalah salah satu minyak esensial yang tidak memiliki efek samping. Kegunaannya antara lain menghilangkan stres, ketegangan, melemaskan otot, memperbaiki perilaku dan emosi saat dalam keadaan panik, cemas, gelisah hingga depresi serta membantu anda lebih nyenyak saat tidur.

Tea Tree Oil

Minyak esens yang satu ini bermanfaat sebagai anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur dan antiseptik. Biasanya digunakan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatasi ketombe, jerawat dan masalah kulit lainnya. Selain itu, bermanfaat bagi sistem pernapasan dan sirkulasi dara dan bermasalah.

Minyak Kayu Putih

Pasti banyak yang sudah menggunakan minyak yang satu ini. Biasanya digunakan untuk mengatasi flu, sinus, sakit kepala, mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga, nyeri otot dan masih banyak lagi.

Minyak Lemon

Minyak lemon hampir mirip dengan Tea Tree. Bermanfaat sebagai antiseptik, mengobati kondisi pencernaan dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Minyak Cendana

Sandalwood dan afrodisiaka memiliki manfaat anti depresan. Manfaat lainnya adalah sebagai antiseptik, astringent dan anti-bakteri. Bagi anda yang sedang batuk dan kesusahan untuk mengeluarkan dahak, minyak yang satu ini bisa digunakan. Bagi kulit, minyak cendana berperan dalam membuat kulit semakin lembut.

Peppermint

Selain memberi efek segar, minyak peppermint ternyata juga dapat menyembuhkan sakit perut. Cukup dengan dibalurkan di area yang terasa sakit. Manfaat lainnya adalah meredakan nyeri.

Minyak Sage

Minyak Sage adalah minyak yang paling sering direkomendasikan untuk efek meningkatkan memori dalam jangka waktu tertentu. Pengobatan tambahan ini digunakan sebagai alternatif bagi pasien demensia Alzheimer dengan usia tergolong muda.

Minyak “Pendorong Energi”

Minyak esensial yang terbaik untuk mendorong energi termasuk lada hitam, kapulaga, kayu manis, minyak cengkeh, angelica, melati, pohon teh, dan rosemary. Semua minyak esensial yang disebutkan sebelumnya berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan energi, dan merangsang tubuh dan pikiran tanpa efek samping yang berbahaya.

Yang perlu diperhatikan adalah mutu produk yang anda gunakan. AromaWeb.com menjelaskan bahwa perusahaan yang canggih akan melewatkan banyak waktu untuk mencari minyak yang bermutu bagus dan membayar mahal untuk mengujinya. Selain itu, banyak bahan yang diperlukan untuk memperoleh setetes minyak esens yang murni. Misalnya diperlukan sekitar 2267 kg kelopak mawar untuk memperoleh 450 gram minyak esens mawar. Jadi pantas bila harganya memang cukup mahal.

Bagi anda yang sedang hamil, banyak berinteraksi di bawah sinar matahari dan memiliki kondisi medis khusus, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter untuk mengetahui keamanan penggunaan minyak esens.

 

Baca Juga:

Undang Tuhan dalam Pernikahan Dengan Cara Ini

Daniel Mananta, "Damn I Love Indonesia" Yang Pasti Berhasil!

Robin Williams "Dihidupkan Kembali" Akhir Tahun Ini

5 Kunci Untuk Membuat Bisnis Berkembang di Facebook

Bebas Hutang Wisata Dengan Kiat Cerdas Berikut

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami