Menolong Anak Belajar Menyusun Doa Sendiri-1
Sumber: matius513.wordpress.com

Pelayanan Anak / 18 August 2014

Kalangan Sendiri

Menolong Anak Belajar Menyusun Doa Sendiri-1

Hevi Teri Official Writer
1842

 

Ada beberapa teknik yang dapat diapkai untuk menolong anak-anak belajar menyusun doa sendiri dan masuk ke dalam suasana doa dalam hatinya untuk dirinya sendiri.

1. Ajaklah anak-anak bersama-sama mengikuti guru mengucapkan doa sederhana kalimat demi kalimat. Guru harus berhati-hati supaya suaranya tetap biasa dan bukanlah "suara khusus" dengan ucapan- ucapan yang tidak berarti.

2. Doa hafalan yang sederhana sangat berguna sebagai pegangan anak, bila ia merasa perlu berdoa sendiri dan juga sebagai contoh yang dapat dipakai untuk membentuk doa yang serupa. Kita harus menjaga supaya anak didik kita sungguh mengerti apa yang sedang didoakan ketika mereka mengucapkannya. Doa yang baru dihafalkan jangan terlalu cepat diucapkan supaya mereka sempat memikirkan apa yang mereka doakan. Doa Bapa kami sebaiknya diajarkan ayat demi ayat sebelum dipakai sebagai keseluruhan oleh anak-anak, supaya setiap ayat dalam doa itu sungguh berarti bagi mereka.

3. Memberi kalimat permulaan untuk disempurnakan secara sederhana oleh masing-masing anak, umpanya: "Ya Tuhan, terima kasih atas ...."

4. Doa berbalas-balasan dapat dipakai oleh anak-anak kecil dengan cara memberikan satu kalimat doa yang boleh diucapkan tiap kali setelah guru menyebut sesuatu yang baru, umpamanya:
Guru : Tuhan, Engkau Mahakuasa dan Mahabaik ...
Murid : Kami puji nama-Mu, ya Tuhan.
Guru : Engkau Pencipta dunia dan segala isinya ...
Murid : Kami puji nama-Mu, ya Tuhan.
(dst. sampai ditutup oleh guru dengan: Amin!)
Dalam kelas besar, peran guru di atas bisa digantikan oleh seorang murid.

5. Berikan waktu teduh beberapa saat dan ajaklah tiap anak berdoa dalam hati mengenai sesuatu yang baru dibicarakan. Hal ini harus dikemukakan secara konkrit sehingga anak-anak dengan mudah dapat mengerti apa yang akan didoakan.

 

>>>>>

Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen(PEPAK)

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami