Mengajarkan Berdoa untuk Kelas Besar(MACAM-MACAM KREASI BERDOA)

Pelayanan Anak / 17 August 2014

Kalangan Sendiri

Mengajarkan Berdoa untuk Kelas Besar(MACAM-MACAM KREASI BERDOA)

Hevi Teri Official Writer
2095

 

Dan masih banyak lagi kreasi dekorasi yang dapat di buat, tentu saja harus disesuaikan dengan pokok pelajaran dari cerita minggu tersebut. Dengan dekorasi, membuat suasana doa menjadi lebih indah.

Kreasi 4: Doa dan Selingan Lagu

Guru dapat mengajak anak-anak mendoakan beberapa pokok doa. Diantara perpindahan pokok doa dari satu anak ke anak lainnya, guru dapat mengajak anak menyelingi doa dengan sebuah lagu. Lagu dapat dinyanyikan bersama, atau cukup dinyanyikan oleh singer saja, atau hanya suara tape saja. Dan di akhir doa sebuah lagu dapat dinyanyikan bersama sebagai penutup. Lagu ini akan membuat suasana doa menarik.

Kreasi 5. Kreasi Alat Peraga Doa (lilin, hati, surat, bunga, kartu ayat, dan sebagainya)

Anak-anak dapat diminta berdoa sambil memegang salah satu alat peraga. Misalnya, sebelum berdoa anak-anak diminta menuliskan pokok doanya pada sebuah surat, atau pada sebuah kartu diikatkan pada sebatang lilin, sebuah gambar hati, sekuntum bunga. Atau anak-anak dapat berdoa dengan memegang sebuah kartu ayat yang berisi ayat hafalan yang dapat menguatkan hati anak-anak untuk berdoa.

Kreasi 6: Macam-macam Jenis Isi Doa

Ada bermacam-macam jenis doa, misalnya :

  1. Doa yang berisi suatu pujian akan kebesaran dan kemurahan Tuhan.
  2. Doa yang berisi suatu permintaan kepada Tuhan.
  3. Doa pengucapan syukur.
  4. Doa yang berisi sebuah tekad atau janji (hal yang akan dilakukan).
  5. Doa penyesalan dan memohon pengampunan atas dosa yang dilakukannya.

Kelima macam pokok doa di atas, dapat diajarkan kepada anak, agar anak-anak mudah mengingat kelima macam pokok doa tersebut, caranya adalah dengan masing-masing diwakili oleh satu jari dari kelima jari di tangan kita! Urut mulai dari jari jempol yang mengingatkan tentang pujian, jari telunjuk mengingatkan tentang permintaan, jari tengah mengingatkan tentang pengucapan syukur jari manis mengingatkan sebuah tekad, dan jari kelingking mengingatkan tentang pengampunan dosa.

 

Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen(PEPAK)

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami