4 Cara Efektif Atasi Bipolar

4 Cara Efektif Atasi Bipolar

Lois Official Writer
5597

Bipolar disorder merupakan salah satu penyakit kejiwaan dimana para penderitanya sering mengalami perubahan perasaan yang sangat ekstrim. Penyakit ini juga yang melanda artis Marshanda dan aktor Robin Williams. Ada dua macam suasana hati penderita yang ekstrim mereka rasakan. Kebahagiaan yang disebut mania dan kesedihan yang disebut depresi. Bagaimana penderita mengatasi penyakit ini? Ini yang dituturkan beberapa pakar :

Minum Obat

Minum obat harus dilakukan secara teratur, meskipun mood sudah stabil. Tentunya apa obat yang diminum dan berapa porsinya tergantung dari pemeriksaan dokter. Obat bisa membuat kimia otak penderita kembali Jangan berhenti mengkonsumsi obat tersebut.

Edukasi Penderita dan Keluarga

Edukasi yang diberikan dokter ke pasien bipolar berupa anjuran memperbaiki gaya hidup, di antaranya tidur teratur, mengatasi penyebab stress, dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Psikoterapi

Berguna agar pasien mengerti cara terbaik dalam berhubungan dengan keluarga, pasangan, serta masyarakat.

Electroconvulsive Therapy atau ECT

Terapi ini menggunakan alat elektronik yang langsung ke otak. ECT dapat membuat perubahan emosional secara cepat di dalam otak. Namun ECT mempunyai dampak pada pasien yang memakainya. Untuk tahu lebih lanjut, kunjungi dokter.

Bicara tentang dokter, penderita bipolar sangat membutuhkan perawatan medis dari dokter. Apabila dilakukan dalam jangaka waktu yang lama dan teratur, maka frekuensi kemunculan dan tingkat keparahan bipolar bisa berkurang atau bahkan dihentikan. Karena itu, penderita harus rajin berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti arahan yang disarankan.

 

Mungkin Anda juga tertarik membaca :

Kita Merdekat di Dalam Tuhan Jika Penuhi Ini

4 Jurus Urus Balita Tanpa Stres

10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Insomnia

Chord Lagu : Satu Alasan

7 Cara Memilih Investasi yang Cocok Bagi Anda

Kenapa Karir Impian Saya Belum Juga Terwujud?

Sumber : berbagai sumber by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami