10 Trik Membangun Hubungan Dengan Anak
Sumber: dailymail.co.uk

Parenting / 14 August 2014

Kalangan Sendiri

10 Trik Membangun Hubungan Dengan Anak

Theresia Karo Karo Official Writer
7271
Kesibukan bekerja seringkali menjadi hambatan dalam mempererat hubungan orangtua dengan anak. Setiap hari, anak akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Momen ini yang biasanya dinantikan oleh setiap orangtua. Untuk itu penting bagi para orangtua untuk tidak melupakan waktu berkumpul bersama keluarga.

Beri waktu setidaknya sehari dalam satu minggu, agar orangtua bisa membangun kedekatan dengan anak Berikut sepuluh trik yang mendekatkan hubungan anak dan orangtua:

Dongeng
Sejak jaman dulu banyak orangtua yang membangun kedekatan dengan tradisi yang satu ini. Selain mempererat hubungan, melalui dongeng orangtua juga bisa mengajarkan nilai-nilai moral. Pilihlah cerita yang menggambarkan kisah pahlawan, kejujuran dan kebaikan hati, agar dapat menginspirasi anak.

Temani Anak Bermain
Waktu bermain adalah hal yang selalu menyenangkan anak. waktu yang anda luangkan untuk menemaninya akan disambut sangat baik oleh anak. Lebih baik apabila tidak hanya sekedar bermain, tetapi juga sekaligus mengasah keterampilan dan kreativitas mereka. Dapat dilakukan dengan mengajak si kecil memasak, menggambar, olahraga dan aksi kreatif lainnya.

Camping
Ingin anak kenal beragam jenis tumbuhan dan hewan? Lakukan hal yang satu ini. Berkemah akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Yang perlu diperhatikan adalah persiapkan segala kebutuhan dengan sebaik mungkin. Ajaklah mereka berkemah ke gunung atau ke pantai.

Berkebun
Dengan aktifitas yang satu ini, selain membangun kedekatan sekaligus mengajarkan cara bercocok tanam yang benar dan mengenalkan kegunaan dan manfaat tanaman.

Nobar di Bioskop
Hal ini bisa dilakukan sebagai penghargaan atas sikap baik dan pencapaian yang berhasil diraihnya. Pastikan film yang ditonton sesuai dengan usia anak dan mengandung makna moral yang baik. Setelah itu ajak seluruh anggota keluarga untuk makan bersama di luar rumah. Kegiatan ini dapat memberi suasana baru.

Ajak Anak Membersihkan Rumah
Selain semakin mendekatkan hubungan, kegiatan ini juga mengajak anak untuk peduli dan bertanggung jawab akan kebersihan tempat tinggalnya. Lakukan kegiatan bebersih rumah ini dengan cara menyenangkan agar anak tidak bosan atau merasa terpaksa.

Mengobrol
Cara yang satu ini tidak membutuhkan biaya, cukup dengan pembicaraan dan berikan perhatian kepada anak. Bagi anak berkarakter pendiam, orangtua harus cerdik dalam memilih tema. Ajak anak untuk terlibat dalam satu pembicaraan dalam membuat keputusan, hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan dibutuhkan.

Beri Pelukan
Gerakan sederhana ini memberi pengaruh besar dari yang anda kira. Penelitian menyatakan, saat berpelukan tubuh kita melepaskan hormone oxytocin, yang berhubungan dengan perasaan damai dan cinta. Hormon oxytocin ini membuat jantung dan pikiran sehat. Hormon ini baru bisa keluar jika manusia memiliki kehidupan sehat, merasa damai dan tenteram. Karena itu, dengan sering berpelukan anda akan memberikan rasa nyaman kepada anak sehingga mereka merasa dekat dengan orangtua.

Berdoa
Mengenalkan anak kepada Tuhan adalah hal yang sangat penting. Hal ini dapat menjadi bekal dalam menjalani kehidupannya. Mengajarkan anak untuk bersyukur, selain itu  berdoa juga dapat membangun rasa saling membutuhkan. Lakukan kegiatan ini secara rutin agar membuat anak semakin dekat dengan orangtua dan Tuhan.

Talkshow “One Day With Family”
Melalui talkshow ini para orangtua bisa mendekatkan hubungan dengan anak. Talkshow interaktif bersama Elizabeth T. Santosa M.Psi ini akan membahas mengenai “Quality Time and Love Language”, yang akan berlangsung pada Minggu, 31 Agustus 2014 di Main Atrium Mall Cilandak Town Square, Jakarta.

Selain talkshow akan ada games seru dan pemilihan Best Family Costume. Hanya dengan membeli tiket dewasa IDR 125.008 (couples/2orang) untuk anak IDR 30.008 anda sudah mendapatkan goodie bag dari Jawaban.com. Acara ini dibuka untuk umum, dan bagi anda yang tertarik bisa mendaftar dengan menghubungi nomor telepon 021.8990.5566 ext 337 atau bisa juga lewat SMS ke 0852.1533.5887 dengan format: nama (spasi) jumlah couples (spasi) jumlah anak. Pendaftaran akan dibuka hingga tanggal 27 Agustus 2014.
Sumber : Keluarga/Media.zoya.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami