Olahraga Lari dan Bahaya yang Menyertainya

Olahraga Lari dan Bahaya yang Menyertainya

Lois Official Writer
4839

Berlari merupakan salah satu bentuk olahraga yang banyak dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sebagian orang melakukannya untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal, tapi ada pula yang melakukannya sebagai hobi. Di acara tertentu, seperti perayaan kemerdekaan, lomba lari juga paling umum dibuat. Namun, ada sebuah resiko yang mengintai para pelari ini.

Jika Anda menebak resikonya adalah penyakit jantung, tebakan Anda kurang tepat. Pelari lebih beresiko mengalami heat stroke (serangan panas) daripada penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Terjadinya Heat Stroke

Heat stroke bahkan dapat membahayakan jiwa jika suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat Celcius. Biasanya tubuh mengendalikan suhu tubuh dengan mengeluarkan keringat. Namun, saat keringat tubuh tak mampu mengatasi kenaikan suhu, maka heat stroke dapat terjadi. Heat stroke bisa dipengaruhi oleh keadaan cuaca dan suhu udara sekitar pada saat berlari, juga dipengaruhi kondisi tubuh yang dehidrasi.

Pencegahan

Untuk menghindari heat stroke, ada baiknya Anda menghindari lari jarak jauh di bawah panas terik matahari. Jangan lupa minum air yang cukup agar tubuh dapat mengatur suhu dengan lebih baik. Jika belum terbiasa, tubuh jangan dipaksakan. Olahraga yang berlebihan juga tidak sehat kok!

Jika Terkena Heat Stroke

Penderita harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin dalam bentuk mendapatkan suhu udara sekitar lebih dingin dan minumlah air putih.

Olahraga lari memang menyehatkan, olahraga apapun tentu menyehatkan selama kita melakukannya dengan benar. Jangan memaksakan diri jika Anda mengalami salah satu hal di atas. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, juga terutama saat kerohanian Anda pun ikut berolahraga

 

Mungkin Anda juga tertarik membaca :

8 Keuntungan Saat Masih Jomblo

4 Jurus Urus Balita Tanpa Stres

10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Insomnia

Chord Lagu : Satu Alasan

7 Cara Memilih Investasi yang Cocok Bagi Anda

Kenapa Karir Impian Saya Belum Juga Terwujud?

Sumber : medicinenet.com by lois ho
Halaman :
1

Ikuti Kami