Mini, Bukan Berarti Murahan

Investment / 5 August 2014

Kalangan Sendiri

Mini, Bukan Berarti Murahan

Theresia Karo Karo Official Writer
5101

Indonesia kaya akan Sumber Daya Alam, hal ini dapat dijadikan peluang usaha. Banyak dari anda yang mungkin tertarik dan menyukai kopi. Harum yang memikat dan rasa khas menjadi teman saat pagi, siang atau malam.

Apalagi Indonesia menempati peringkat ketiga terbesar di dunia dari segi hasil produksi penghasil kopi, seperti kopi Arabica, kopi Liberika, kopi Robusta dan inovasi terbaru menghasilkan kopi Luwak.  Beberapa daerah yang terkenal dengan kualitas rasanya adalah Sidikalang, Mandailing, Toraja, Flores, dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini tetapi memiliki modal terbatas, maka anda bisa mencoba café atau warung kopi mini. Meskipun dengan ukuran mini tetapi pertahankan tempat tetap elegan, menu makanan sederhana yang cukup murah dan yang cocok untuk disandingkan dengan kopi dan minuman lainnya. Berikut beberapa tips untuk memulai usaha ini:

Persiapan Matang

Mini bukan berarti asal jadi, pertimbangkan lokasi, biaya operasional, dan promosi. Lokasi yang strategis tentu akan membantu pengembangan usaha ini. Untuk memutuskan hal ini penting juga untuk memutuskan sasaran konsumen, pelajar, mahasiswa atau umum. Terakhir adalah survei distributor kopi yang dapat mensuplai kebutuhan warung kopi anda.

Daya Tarik

Memerlukan manajemen yang professional. Cari tahu apa yang paling sering dicari oleh para konsumen. Paling gampang adalah adakan survey kecil-kecilan dengan menanyakan rekan dan keluarga jenis kopi atau makanan yang paling disukai. Atau bisa juga menawarkan diskon bagi komunitas, pengadaan menu special atau menu paket dan berbagai paket menarik lainnya.

Tata Ruang

Pengaturan desain akan sangat berpengaruh pada kenyamanan konsumen nantinya. Kebanyakan para pengunjung dan penikmat kopi biasanya ingin bersantai. Berikan pertimbangan pada warna lampu, cat dinding, konsep ruang entah itu klasik atau modern. Beri kesan café atau warung kopi mini anda memberikan kenyamanan.

Musik

Café dimanapun pasti memasukkan musik untuk menghibur para pengunjungnya. Entah itu musik live atau musik rekaman. Pilihlah musik yang sesuai dengan usia mayoritas konsumen.

Batasi Jumlah Karyawan

Demi menekan biaya, gunakan karyawan secukup mungkin tetapi tetap yang berkualitas. Bagi pekerjaan dengan rata sehingga tidak keteteran. Café mini dengan ukuran kecil tidak terlalu banyak membutuhkan karyawan, sesuai dengan konsepnya.

Mini, bukan berarti murahan. Hal ini bergantung pada kualitas dan pelayanan yang baik. Selamat mencoba dan semoga sukses!

 

Baca Juga:

7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Daur Ulang

Sudahkah Anda Hidup Sesuai Kemampuan?

Orang Introvert Bisa Seimbangkan Bahkan Mengubah Dunia?

Butet Manurung Raih Penghargaan Nobel Versi Asia

Remain, Karya Royal Tailor Yang Berikan Warna Baru

 

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami