Waspada, Wabah Virus Ebola Serang Afrika Barat
Sumber: France24.com

Info Sehat / 1 August 2014

Kalangan Sendiri

Waspada, Wabah Virus Ebola Serang Afrika Barat

Lori Official Writer
4364

Wabah ebola yang menyebar luas di Sierra Leone, Afrika Barat menjadi perhatian dunia kesehatan. Pasalnya, virus yang dideteksi mulai menyebar dari Guinea sejak bulan Februari 2014 lalu itu telah memakan korban hingga 700 jiwa.

 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) wabah Ebola kali ini menjadi catatan terburuk dari kasus kesehatan yang masih belum ditemukan solusinya. Ebola adalah penyakit demam berdarah yang ditularkan lewat virus yang berinkarnasi dalam tubuh selama dua hingga 21 hari. Penyakit ini ditandai dengan gejala yang mirip dengan influenza, seperti demam, sakit otot, sakit kepala, sakit kerongkong, kurang tenaga dan lemah, muntah, ruam hingga gagal buah pinggang dan hati. Sekitar 90 persen penderita memiliki harapan hidup.  

 

Para penderita yang terserang penyakit ebola dideteksi dengan gejala-gejala seperti mata merah dan kulit berbintik-bintik. Kronisnya, telinga, mata dan mulut mengalami pendarahan dan tidak berfungsi.

 

Bagi para penderita ebola sangat disarankan untuk segera mendapatkan pengobatan lantaran penyebaran virusnya yang sangta cepat. Bentuk pencegahan dengan terapi ekperimental yang sangat terbatas menjadi alternative dalam menyelamatkan penderita ebola. Sementara para ilmuwan masih terus berjuang menemukan obat atau vaksin yang dapat mematikan virus tersebut.

 

Untuk mengurangi penyebarannya, negara-negara Afrika seperti Guyana, Liberia dan Sierra Leone telah mengeluarkan larangan laga sepakbola serta penutupan perbatasan dan sekolah-sekolah guna meminimalisir penyebaran yang lebih luas. Pemerintah juga telah menghimbau agar sebagian PNS tidak perlu masuk kerja dan tetap tinggal di rumah.

Wabah virus ebola merupakan kasus kesehatan yang muncul setelah virus mess yang menyerang arab saudi beberapa bulan terakhir ini. Untuk itu, sangat disarankan agar tetap memperhatikan pola hidup bersih terutama bagian organ tubuh seperti tangan. Dengan mencuci tangan sesering mungkin akan meminimalisir timbulnya beragam virus penyakit.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Meresponi Ujian Hidup

 

7 Kompetensi yang Dimiliki Pekerja Profesional di AFTA 2015

 

Marak Pemalsuan Berita, Ini Reaksi Berbagai Pihak

 

Miliki 6 Hal Ini Pertanda Anda Sudah Siap Pacaran

 

Ini Makanan Pantangan Penderita Radang Amandel

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami