Marak Pemalsuan Berita, Ini Reaksi Sejumlah Pihak
Sumber: Teraspos.com

Nasional / 30 July 2014

Kalangan Sendiri

Marak Pemalsuan Berita, Ini Reaksi Sejumlah Pihak

Lori Official Writer
2397

Kalangan pengguna sosial media dirisaukan oleh pemberitaan pemalsuan portal berita nasional dengan mengganti domain utama dengan sub-domain dengan penggunaan URL tambahan berupa “—news.com”.

 

Tindakan pemalsuan  ini dialami oleh tujuh situs berita nasional seperti Liputan6.com, Antaranews.com, Detik.com, Tempo.co, Tribunnews.com dan Inilah.com. Masing-masing uniform resource locator (URL di web) situs ditambah dengan ‘—news.com’. Seperti, tempo.co diganti menjadi tempo.co—news.com dan liputan6.com menjadi liputan6.com—news.com.

 

Menurut berita yang dihimpun, situs palsu menyebarkan berita fiktif dan berbeda dengan berita yang ada. Salah satunya adalah berita yang diterbitakan oleh Kompas.com berjudul ‘Ditemukan Kejanggalan Mengejutkan Data KPU di Situs Resmi” misalnya, tidak mencantumkan sumber resmi. Saat dicek, berita itu tidak pernah ada. Hal ini dinilai sangat merugikan redaksi berita itu sendiri.

 

Atas pengaduan itu pula, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring berjanji untuk segera mengusut oknum dibalik portal berita palsu yang telah marak. Seperti dinyatakan, “Saya sudah koordinasikan. Secepatnyaakan diblokir. Kalau bisa sore ini,” jelasnya Selasa, 29 Juli 2014 kemarin.

 

Dalam rangka mengusut kasus ini, Menkominfo telah berkoordinasi dengan unit Cyber Crime dari Polda Metro Jaya. “Kami mulai menyelidiki,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, seperti dilansir Kompas.com, Rabu (30/7).

 

Lebih lanjut, Tifatul menyampaikan tidak akan mengumumkan siapa pemilik portal itu kepada masyarakat. Ia juga berpesan agar masyarakat dapat lebih jeli dalam menerima informasi yang disebarkan lewat media sosial seperti Twitter dan Facebook.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Rokok Ancam Anak-anak, Pemerintah Didesak Ratifikasi FCTC

 

Ini Makanan Pantangan Penderita Radang Amandel

 

Eka Budianta, Ungkapkan Kecintaan Akan Ciptaan Tuhan Lewat Tulisan

 

Meresponi Ujian Hidup

 

Inilah Empat Tips Hemat Baterai Android Wear

Sumber : Kompas.com/Tempo.co/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami