Doa: Anak Berbicara kepada Tuhan-2
Sumber: google

Pelayanan Anak / 30 July 2014

Kalangan Sendiri

Doa: Anak Berbicara kepada Tuhan-2

Hevi Teri Official Writer
1492

 

5. Ajarkan kepada anak untuk menyerahkan semuanya kepada kehendak Tuhan. Salah satu pelajaran yang tersulit untuk dipelajari bagi setiap orang yang belajar tentang doa adalah menerima apa pun yang Tuhan berikan sebagai jawaban-Nya. Yakinkan kepada anak bahwa Tuhan selalu mendengarkan dan menjawab tetapi ingatkan mereka bahwa jawaban-jawaban itu mungkin bukan jawaban yang mereka harapkan.

Sebagian besar anak telah mengalami dan memahami kehilangan suatu mainan atau keistimewaan yang merugikan mereka. Sama seperti yang dilakukan orangtua untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka, demikian pula Tuhan melakukan yang terbaik bagi mereka meskipun seringkali apa yang dilakukan Tuhan tidak sesuai dengan harapan atau keinginan mereka. Sama seperti orangtua yang tidak harus menjelaskan keputusan mereka, Tuhan juga tidak selalu menjelaskan tujuan-Nya. Jangan takut untuk mengakui bahwa Anda pun tidak selalu mengetahui alasan Tuhan.

6. Tunjukkan bahwa Tuhan berbicara kepada anak-anak dalam berbagai cara. Jawaban-Nya bisa melalui ayat-ayat dalam Alkitab, peristiwa-peristiwa tertentu, pemberitahuan yang keras dan jelas dari orangtua, atau bahkan suara hati seseorang. Tuhan mengetahui setiap anak sebagai suatu individu dan berbicara kepada mereka dengan cara yang istimewa.


Sejak kecil Samuel sudah berada di rumah ibadah di Silo, Samuel mendengar Tuhan memanggil namanya. Setelah itu Samuel menikmati dialog yang panjang dengan Tuhan yang membimbingnya untuk melayani Tuhan, namun oleh imam Eli yang pertama kali mengarahkan anak ini untuk mendengarkan suara Tuhan dan menjawab dengan sungguh-sungguh dan rendah hati.

Semua anak berhak mendapat kesempatan untuk berbicara dengan Tuhan melalui doa. Seorang guru harus mengajari mereka untuk memuji Tuhan, bersyukur kepada Tuhan, dan meminta apa yang tidak hanya keinginan mereka namun juga kehendak-Nya. Persiapkan mereka untuk merayakan jawaban Tuhan, apakah itu "Ya", "Tidak", atau "Tunggu dulu". Ajarkan kepada mereka bagaimana mengenal suara Tuhan. (t/Ra)

 

Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen (PEPAK)

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami