Amandel Turunkan Kualitas Kecerdasan Anak

Amandel Turunkan Kualitas Kecerdasan Anak

Lori Official Writer
6883

Amandel atau tonsil adalah radang tenggorokan yang mengakibatkan pembengkakan kelenjar tiroid pada kedua sisi leher. Biasanya penyakit ini dialami oleh anak-anak akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin seperti es.

 

Tak hanya menyebabkan sakit pada tenggorokan, namun penderita akan mengalami gangguan pencernaan dan pernapasan. Salah satu dampak serius amandel adalah gangguan pada psikologi penderita yakni penurunan kualitas hidupnya. Bagi anak-anak, radang amandel yang menyebabkan bengkak di sisi kiri dan kanan tenggorokan menimbulkan anak kesulitan menelan sehingga anak-anak akan menolak untuk makan atau minum.

 

Akibatnya, aliran oksigen ke otak menjadi berkurang. Kekurangan oksigen pada otak yang beraktifitas sehari-hari menyebabkan sulitnya anak berkonsentrasi saat belajar. Selain itu, amandel juga menimbulkan rasa gelisah atau gangguan pada proses tidur karena terjadinya penyempitan saluran pernapasan.

 

“Saat berhenti bernapas, penderita akan tiba-tiba terbangun dari tidur sehingga sangat mengganggu tidur,” kata dr Ari Cahyono, SpTHT, seperti dilansir Kompas.com. Jika hal itu terjadi maka bisa jadi akan menyebabkan penurunan kondisi seperti kurangnya fokus, mengantuk berlebih, pelupa hingga impotensi.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Francesca Battistelli

 

Inilah Beragam Kiriman Ucapan Selamat Untuk Jokowi

 

Sri Hartati, Tinggalkan Pekerjaan Demi Selamatkan Anak Dari Narkoba

 

6 Tanda Anda Butuh Berhenti Bicara

 

Gereja Ortodoks Yunani Tampung Pengungsi Muslim Gaza

Sumber : Vemale.com/Kompas.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami