Eka Budianta, Ungkapkan Kecintaan Akan Ciptaan Tuhan Lewat Tulisan

Eka Budianta, Ungkapkan Kecintaan Akan Ciptaan Tuhan Lewat Tulisan

Lori Official Writer
6354

Eka Budianta, pria bernama asli Christophorus Apolinaris Eka Budianta adalah seorang sastrawan yang telah banyak menuangkan pemikiran-pemikirannya dalam bentuk tulisan baik berupa buku, essay, cerpen maupun puisi. Sejumlah karya itu bahkan mendapat beragam penghargaan dari pemerintah.

Mantan wartawan dan koresponden Jepang ini mengaku memakai bakat menulisnya sebagai saksi untuk menyatakan kebaikan dan kebesaran Tuhan atas alam semesta. Melalui tulisan, Eka menuangkan berbagai pemikiran serta rasa syukur-Nya atas kebaikan Tuhan dan ciptaan-nya yang bermanfaat bagi manusia kepada orang lain. “Kita harus berterima kasih dan kita mencermati ciptaan-ciptaan Tuhan itu, menghargainya, merawatnya dan membuat orang lain sayang kepadanya, maka itulah saya menulis buat buku, buat cerpen, buat puisi dan lain-lain,” ujar Eka.

 

Di tengah semakin tingginya pencemaran lingkungan, rasa prihatin Eka mendorongnya untuk menggalakkan solusi lewat pemikiran-pemikiran itu. “Saya menulis itu untuk membuktikan kita mencintai ciptaan Tuhan. Setiap orang kalau mau mencintai lingkungan harus cermat mempelajari lingkungannya, mengenal lingkungannya dengan baik”.

 

Selain itu, ia menyampaikan agar setiap orang harus mempunyai keterampilan untuk memanfaatkan dan menjaga lingkungan, serta mengajak orang lain untuk mencintai lingkungan itu sendiri. Konsistensi yang ditunjuan sosok Eka sebagai pecinta lingkungan adalah cinta kasih, dalam artian bahwa setiap orang patut mengasihi, memahami dan memperbaiki tingkah laku terhadap segala hal di sekitarnya termasuk lingkungan.

 

Profesinya sebagai sastrawan hingga pengamat lingkungan diyakini pria yang juga mengemban tugas sebagai pengurus dalam mitra lingkungan ini sebagai sebuah jalan yang telah dituliskan oleh Tuhan.  Ia percaya bahwa riwayat hidup setiap orang sudah dituliskan oleh sang pencipta.

 

“Jalan hidup kita, siapa-siapa yang akan kita temui, saya percaya bahwa pada lazimnya riwayat hidupnya Eka, semua itu sudah ditulis dalam buku besar Tuhan, tinggal kita ini menjalani hidup sebaik-baiknya”.

 

Ia pun berpesan agar manusia tetap cermat terhadap hal-hal yang sederhana seperti mencintai lingkungan. Dengan sikap itu, ia percaya bahwa apapun di sekitar manusia dapat dijadikan sebagai sumber berkah, sehingga kita dapat menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. “Kalau kita bisa memetik inspirasi dari sebatang pohon, dari selembar daun pun bisa dapat uang, bisa dapat nafkah, bisa hidup. Mencintai lingkungan itu justru memuliakan Tuhan dan mendapatkan berkah dari Tuhan,” pungkasnya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Lima Jari Berdoa

 

Sumber Pertolongan

 

Tersenyumlah Dengan Hatimu

 

The Power of Influence

Sri Hartati, Tinggalkan Pekerjaan Demi Selamatkan Anak Dari Narkoba

Inilah Nazar-Nazar Teraneh Artis dan Elit Politik


Sumber : V140725094710
Halaman :
1

Ikuti Kami