Kisah Jon Oringer, 10 Kali Gagal Sebelum Sukses Dirikan Shutterstock

Kisah Jon Oringer, 10 Kali Gagal Sebelum Sukses Dirikan Shutterstock

Puji Astuti Official Writer
5596

Tidak pernah berhenti sekalipun menghadapi berkali-kali kegagalan akhirnya berbuah manis bagi Jon Oringer, pria berusia 39 tahun yang menjadi miliader karena kesuksesan website Shutterstock. Sejak perusahaannya menjual sahamnya ke publik pada tahun 2012 lalu, Jon tercatat sebagai salah satu milioner terkaya di dunia.

"Saya gagal berkali-kali sebelumnya dan saya bersedia untuk gagal lagi," demikian pernyataan Jon Oringer yang dikutip BBC.

Jon sendiri sudah 10 kali mendirikan perusahaan namun gagal hingga akhirnya memutuskan untuk membangun Shutterstock, sebuah website yang menjual foto berkualitas dengan harga bersaing. Walau demikian, Jon bukanlah seseorang yang memiliki latar belakang fotografi, bahkan bisa dikatakan dia tidak tahu apapun tentang bidang ini.

Pria yang tetap hidup sederhana sekalipun telah menjadi milioner ini sebelumnya berprofesi sebagai programer. Sewaktu dia sedang mengerjakan sebuah software, dia mencari gambar untuk beberapa hal namun sulit menemukannya. Di tahun 2003 iru masih sedikit perusahaan yang menjual gambar umum yang bisa digunakan sebagai ilustrasi untuk website seperti hari ini. Jika pun ada, harganya pun cukup mahal.

Terinspirasi akan hal itu, berbekal beberapa ribu dolar tabungannya, Oringer membeli kamera yang bagus dan mulai mengambil foto disekitar tempat tinggalnya di New York dan membangun website Shutterstock. Dalam satu tahun dia berhasil mengumpulkan 30.000 foto. Dia pun mulai mempromosikan usahanya melalui Google Adwords.

"Titik baliknya adalah saat saya tidak bisa memenuhi permintaan lagi," demikian tuturnya.

Tidak seperti perusahaan tekhnologi lainnya, Shutterstock tidak didanai oleh investor luar, Jon Oringer mengerjakan segala sesuatunya sendiri di awal usahanya. Lalu sewaktu usaha ini berkembang, ia tidak lantas mempekerjakan fotografer, sebaliknya ia menggaji seorang programer.

Sejak awal usaha, Jon Oringer sudah fokus untuk menghasilkan laba, walau tidak langsung jutaan dolar. Namun ia cukup berhasil dengan ribuan dolar di tahun pertama, dan pada akhir tahun 2012 lalu keuntungan perusahaan tersebut sudah mencapai 47,5 juta dolar degan total penjualan sebanyak 750.000 foto.

Jadi, kisah Jon Oringer ini mengingatkan bahwa kegagalan  bukanlah yang menakutkan. Kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju keberhasilan, dan kita harus menjalaninya dengan senyuman serta semangat untuk bangkit kembali dan bekerja keras hingga mimpi dan harapan kita terwujud. Jangan pernah menyerah jika dalam perjalanan kita tersandung dan jatuh, karena selama kita bangun dan melangkah kembali pasti kita akan mencapai tujuan.

Sumber : BBC | Puji Astuti

Ikuti Kami