Jangan Lagi Korek Kotoran Telinga Anda!

Jangan Lagi Korek Kotoran Telinga Anda!

Lois Official Writer
5000

Jangan lagi mengorek telinga Anda untuk membersihkan kotoran yang terdapat di dalamnya. Kotoran berwarna kekuningan di telinga ternyata bertugas menjaga agar gendang telinga jauh dari kotoran dan debu. Zat mirip lilin ini juga bersifat anti bakteri dan bekerja sebagai pelumas di telinga.

Zat yang disebut cerumen itu sejatinya merupakan pelindung telinga kita. “Keberadaan cerumen untuk menjaga saluran pendengaran bersih,” ujar Douglas Backous, MD, ketua komite pendengaran dari American Academy of Otalaryngology-Head and Neck Surgery (AAO-HNSF) sekaligus direktur bedah pendengaran dan tengkorak di Swedish Neuroscience Institute, Seattle.

Cerumen sebaiknya tidak dibersihkan karena telinga manusia bisa membersihkan diri sendiri. Setelah cerumen kering, setiap gerakan rahang seperti mengunyah saat makan atau mengobrol akan membantu cerumen keluar dari pembukaan telinga.

Namun, saat cerumen coba dibersihkan, cerumen malah masuk lebih dalam. Ketika terperangkap di dalam, telinga kita tiak bisa membersihkan diri sendiri. “Cerumen yang terperangkap juga dihinggapi jamur, bakteri, dan virus. Ini berpotensi menyebabkan sakit dan infeksi,” ujar Backous. Mendorong cerumen masuk ke dalam juga dapat menghalangi saluran telinga dan menyebabkan kehilangan pendengaran. Jika terdorong jauh ke dalam, gendang telinga bisa pecah.

Telinga kita hanya perlu dibersihkan oleh dokter ketika ada gejala perubahan pendengaran terkait dengan timbunan cerumen. Karena itu, jangan memasukkan cotton bud ke dalam telinga.

Menurut Backous, semakin kita sering mengorek telinga, tubuh kita mengeluarkan lebih banyak histamine yang sebenarnya bikin kulit iritasi dan meradang. Rasanya sama dengan saat kita menggaruk kulit yang gatal karena digigit nyamuk.

 

Baca juga :

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Dawn of the Planet of the Earth - Manusia dan Kera Berdamai?

Jangan Pacaran Jika Masih Lakukan Hal Ini

Daripada Uang Habis, 'Diasuransikan Saja!'

Tersenyumlah dengan Hatimu

20 Perkataan Luar Biasa yang Diucapkan Yesus

Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami