Dari Hobi Jadi Uang

Dari Hobi Jadi Uang

Theresia Karo Karo Official Writer
4863

Hobi, kata yang satu ini pasti akrab di telinga anda. Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Tetapi bila hobi menjadi sumber penghasilan bagaimana? Apa anda pernah terpikirkan hal ini?

Kali ini yang akan dibahas adalah hobby yang menguntungkan. Untung dalam artian dapat dijadikan peluang usaha. Karena tidak selamanya untuk melakukan hobi harus mengeluarkan uang. Tidak ada salahnya untuk mencoba, anda bisa mulai dengan melihat beberapa hobi yang bisa diijadikan peluang usaha, seperti berikut:

Berkebun

Berawal dari kesenangan untuk merawat tanaman atau taman yang ada dirumah, dapat memberikan peluang bagi anda. Gunakan taman yang ada untuk menanam bunga atau bahkan bahan makanan organic seperti sayuran yang gampang tumbuh di pekarangan. Bila memungkinkan tawarkan kepada tetangga dan hasil penjualan bila diolah dengan tepat dapat digunakan untuk memperbesar usaha dan memperluas kebun.

Kerajinan Tangan

Menjahit, menyulam atau membuat aksesoris adalah jenis kerajinan tangan yang biasanya ditekuni oleh wanita. Sebagai contoh menjahit. Tidak selamanya pakaian jadi yang ada di toko menjadi incaran para penikmat mode. Tetap ada yang nyaman dengan menjahit pakaian karena dapat disesuaikan dengan selera pribadi. Sebagai perkenalan, bisa mulai dari pakaian untuk dipakai sendiri yang kemudian dijadikan sebagai medium promosi.

Masak

Siapa yang tidak butuh makanan? Makanan adalah kebutuhan utama manusia, untuk itu bila anda memang hobi memasak dan banyak yang menyarankan untuk membuka usaha catering atau pesanan makanan kenapa tidak dicoba. Cara mencari pelanggan bisa dimulai dari sahabat, keluarga atau lewat media sosial. Cukup mudah bukan.

Seni

Cabangnya sangat beragam, mulai dari menari, menyanyi, bermusik atau mungkin melukis atau lain sebagainya. Anda bisa melihat kembali, hobi mana yang benar-benar dikuasai. Menari misalnya dengan menjadi penari atau guru tari. Guru tari dan penata gerak juga termasuk dalam salah satu profesi dengan pendapatan tinggi. Bermusik atau bernyanyi misalnya dengan bergabung dengan grup atau wedding singer.

Fotografi

Untuk yang satu ini mungkin perlu modal yang besar dengan peralatan yang memang terkenal mahal, tetapi jangan khawatir penghasilan dari hobi ini juga cukup besar. Bila anda memiliki karya foto yang layak jual, bisa ditawarkan lewat galeri lokal atau butik. Kumpulkan portofolio atau bisa juga dengan menjualnya secara online dengan mencantumkan perjanjian hak cipta. Pilihan lainnya adalah dengan joint membuka jasa  pemotretan untuk pre-wedding, seminar, atau acara lainnya.

Menulis

Banyak cara yang bisa dilakukan dengan hobi yang satu ini. Anda bisa menjadi penulis lepas di media seperti koran, majalah, website dan masih banyak lagi. Atau bisa dengan mengembangkan blog, dengan semakin banyak orang yang mengikuti blog anda, kesempatan untuk medapatkan iklan juga semain besar. Anda bisa memanfaatkan blog sebagai media untuk beriklan melalui tulisan yang di buat.

Belanja

Kegiatan yang satu ini mungkin peminatnya terbanyak adalah wanita tetapi tidak menutup kemungkinan pria juga suka belanja. Belanja menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian orang, atau bahkan banyak yang merasa kesulitan untuk mengatur keuangan akibat tidak tahan melihat barang-barang bagus.

Jangan langsung panik tetapi lihatlah ini sebagai peluang menjadi personal shopper. Biasanya klien akan menyewa personal shopper untuk belanja kebutuhan dan keinginan mereka. Tarif yang berlaku adalah tarif perjam atau dengan persentase dari total belanja jasa.

Bagaimana, cukup menarik untuk dicoba bukan. Selain menyenangkan juga sekaligus bisa menjadi profesi atau sumber penghasilan. Semoga berhasil.

 

 

Baca Juga:

Metro TV 'Pimpin' Trending Topik Twitter

'PAUSE For Peace', Langkah Vatikan di Final Piala Dunia

Ribuan Umat Kristen dan Islam Bersatu Dalam Doa di Ambon

Jangan Buru-Buru Pacaran Kalau Masih...

Tangani Hipertensi dengan 8 Bahan Makanan Ini!

Sumber : Liputan6/Okezone.com by tk

Ikuti Kami