Inilah Peta Kekuatan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK

Nasional / 8 July 2014

Kalangan Sendiri

Inilah Peta Kekuatan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK

daniel.tanamal Official Writer
3054

Persaingan diantara pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK dalam meraih dukungan suara dari masyarakat begitu tinggi. Menurut Survei yang dilakukan Charta Politika, elektabilitas Jokowi-JK unggul sekitar 4 persen di atas pasangan Prabowo-Hatta.

"Dari sisi elektabiltas, Jokowi-Kalla masih mengungguli Prabowo-Hatta. Jokowi-JK akan dipilih oleh 49,2% responden, sedangkan Prabowo-Hatta dipilih oleh 45,1% responden. Sisanya, 5,7% belum menentukan pilihan," kata Direktur Utama Charta Politika, Yunarto Wijaya, di Jakarta, Senin (8/7).

Charta Politika Indonesia melaksanakan survei opini publik skala nasional ini pada 3-6 Juli 2014 melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih dalam pemilu atau telah berusia 17 tahun ke atas ketika survei dilakukan. Jumlah sampel pada survei ini sebesar 1.200 responden dengan margin of error (MoE) sebesar +/- 2.83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dari survei juga diketahui tingkat kemantapan pilihan responden terhadap pilihannya sudah tinggi. Dalam survei ini, secara keseluruhan tingkat responden yang menyatakan sudah mantap terhadap pilihannya mencapai 78,8%. Mereka yang menyatakan masih mungkin berubah berjumlah 12,3% responden. Sisanya, 8,9% menjawab tidak tahu/tidak menjawab.

Tingkat kemantapan responden yang memilih Jokowi-JK mencapai 83,6%. Responden yang menyatakan masih mungkin berubah berjumlah 12,6% dan 3,8% lainnya menjawab tidak tahu/tidak jawab. Sementara, tingkat kemantapan responden yang memilih Prabowo-Hatta mencapai 76,6%. Mereka yang menyatakan masih mungkin berubah berjumlah 20,4% dan 3% sisanya menjawab tidak tahu/tidak menjawab.

Temuan lain survei ini adalah semakin terpolarisasinya pemilih dari masing-masing pasangan capres menurut partai pendukung dan wilayah perolehan suara. Prabowo-Hatta mendulang suara yang lebih besar dari responden yang memilih partai-partai yang menjadi pengusung pasangan ini (Gerindra, Golkar, PKS, Demokrat, PPP, PAN, PBB). Hal yang sama juga berlaku pada Jokowi-JK (PDIP, NasDem, Hanura, PKB).

"Dari sisi wilayah, Prabowo-Hatta mengungguli Jokowi-JK di Sumatera, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Sebaliknya, Jokowi-Kalla mengungguli Prabowo-Hatta di wilayah Jateng, DI Yogyakarta, Jatim dan Indonesia Timur," tutur Yunarto.

 

 


Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami