Paus Temui Korban Pelecehan Seksual Untuk Pertama Kalinya

Paus Temui Korban Pelecehan Seksual Untuk Pertama Kalinya

Lois Official Writer
2458

Paus Fransiskus akhirnya mengadakan pertemuan pertama dengan para korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh para pastur. Ada enam korban yang dipertemukan langsung dengan Paus, masing-masing dari Irlandia, Inggris, dan Jerman. Mereka akan menghadiri misa pagi pribadi di kediaman Paus.

Setelah melakukan misa pagi, pertemuan antara Paus dengan para korban akan berlangsung, menurut staf yang mengorganisasi pertemuan tersebut. Pertemuan ini pernah dikecam karena baru dilakukan sekarang dan mendapat protes dari negara asal Fransiskus, Argentina.

Menurut Paus, alasan dia baru menemui para korban sekarang karena sejak 16 bulan lalu, sejak dia terpilih pada Maret 2013, karena korban tidak diketahui. Paus yang menyebut para imam pelaku pelecehan seksual sebagai ‘satanic mass’ ini mengaku tidak akan mentolerir pelanggaran seksual apapun.

“Saya pikir penting bahwa Paus bertemu dengan para korban,” ujar Anne Doyle dari Bishops Accountability, pusat dokumentasi pelecehan seksual di lingkungan gereja, Amerika Serikat. Menurutnya, Paus mampu memberikan kasih sayang kepada mereka, sekaligus menindaklanjuti pertemuan ini dengan beberapa tindakan yang menunjukkan bahwa ini langkah nyata dan bukan seremonial saja.

Vatikan merilis ada 3.420 tuduhan kreidbel terkait pelecehan seksual para imam dalam 10 tahun terakhir. Dari jumlah itu, hanya 824 imam yang dipecat. Adapun gereja di Amerika Serikat telah membayarkan kompensasi senilai 2,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 30 triliun kepada para korban.

 

Baca juga :

Gadis Keterbelakangan Mental Rawat Ayah Lumpuh

Setiap Langkah yang Berarti

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Transformers Age of Extinction, Akan Punahkah?

Cara Atur Kill Switch di iPhone Agar Terhindar Pencurian

Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami